Hengki Kurniawan Bakal Lakukan Perombakan Pejabat di KBB, Rotasi dan Mutasi Hingga 70 Persen

Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan bakal kembali melakukan rotasi dan mutasi pejabat KBB dalam waktu dekat.

Hengki Kurniawan Bakal Lakukan Perombakan Pejabat di KBB, Rotasi dan Mutasi Hingga 70 Persen
Kebijakan rotasi dan mutasi tersebut diambil Hengki Kurniawan menyusul banyaknya sejumlah jabatan pejabat di KBB yang kosong. (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan bakal kembali melakukan rotasi dan mutasi pejabat KBB dalam waktu dekat.

Kebijakan rotasi dan mutasi tersebut diambil Hengki Kurniawan menyusul banyaknya sejumlah jabatan pejabat di KBB yang kosong.

Hengki Kurniawan mengatakan, rotasi dan mutasi tersebut bisa direalisasikan pada pekan ini atau besok pagi lantaran struktur kepegawaian pejabat di KBB sudah ada dan tersusun.

Baca Juga : Yosef Warga Garut Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Soreang

"Perombakan di lingkungan Pemda itu sekitar 60 sampai 70 persen," katanya kepada wartawan, Selasa 29 November 2022.

Ia menilai, lamanya rotasi mutasi dilakukan lantaran efek domino dari pengisian jabatan kosong. Saat jabatan kosong itu diisi, maka ketika akan diisi harus disiapkan pengganti untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan.

"Sudah setahun ini memberikan kepercayaan kepada ASN dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk menyusun anggaran, tapi saya melihat ada beberapa hal yang harus dievaluasi," bebernya.

Baca Juga : Pemkot Bandung Daftarkan Pegawai Non ASN sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan

"Saya ingin 2023 dampaknya dirasakan masyarakat," tegasnya.

Ia pun berharap, di tengah kondisi keterbatasan anggaran harusnya ASN lebih berpikir kreatif. Bagaimana mengoptimalkan potensi yang ada seperti memanfaatkan 
corporate social responsibility (CSR) perusahaan.

"Di KBB itu banyak perusahaan, kita bisa mengoptimalkan CSR untuk kepentingan masyarakat. Jangan hanya terlalu bergantung pada anggaran pemerintah yang terbatas," bebernya.

Baca Juga : Sule dan Kedua Anaknya Hadiri Sidang Penipuan Mantan Suami Lina

Terlebih, sambungnya, 2023 menjadi tahun terakhir mewujudkan visi misi. Untuk itu, ASN harus selalu gerak cepat, memuaskan rakyat, dan harus bisa memahami dengan kondisi lingkungannya.

"Saya selalu mengingatkan hal itu dalam setiap rapat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan apel pagi. ASN itu harus kreatif, tidak begitu-begitu saja," tandasnya.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB sejumlah pejabat di KBB yang kosong yaitu untuk Eselon III A untuk posisi Camat ada 3 jabatan kosong, 9 Sekretaris, kemudian Eselon III B terdiri dari 4 jabatan Sekretaris Camat dan 16 jabatan Kepala Bidang.

Baca Juga : Kota Bandung Salurkan Bansos Rp7 Miliar Untuk 15.280  KPM

Selanjutnya, untuk Eselon IV A yang kosong ada 10  jabatan Kepala Seksi/Kepala UPTD, sedangkan  Eselon IV B ada 3 jabatan Kasubag Kecamatan yang kosong.*** (agus satia negara)


Editor : donramdhani