Sinergi Ridwan Kamil-Ganjar Pranowo Melawan Corona

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan bersinergi dengan provinsi lainnya, termasuk dengan Jawa Tengah terkait pencegahan Virus Corona.

Sinergi Ridwan Kamil-Ganjar Pranowo Melawan Corona
Foto: Rianto Nurdiansyah

INILAH, Bandung- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan bersinergi dengan provinsi lainnya, termasuk dengan Jawa Tengah terkait pencegahan Virus Corona.

Hal tersebut disampaikan menyusul pertemuannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Car Free Day Dago, Minggu (8/3/2020).

Pada pertemuan tersebut, keduanya berkampanye di depan emak-emak yang berkumpul di depan panggung yang didirikan oleh Ikatan Alumni Universitas Gajah Mada Jawa Barat. Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo pun turut melakukan aktivitas senam sehat. 

Baca Juga : Kata Wagub Jabar Soal Filosofi Kujang

"Iya seringkali kan di daerah perbatasan suka mencari fasilitas yang terdekat kalau ada emergency kita saling tolong menolong," ujar Ridwan Kamil.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengajak pengunjung CFD agar tidak panik menyikapi Virus Corona yang sudah masuk ke Indonesia.  Menurutnya warga harap mempercayakan penanganan virus tersebut pada langkah-langkah yang dilakukan pemerintah.

“Kita mendapat cerita prihatin ternyata virus Corona atau covid 19 positif di Indonesia, percayakan pada pemerintah. Ibu bapak percaya gak sama Ridwan Kamil? Percaya gak sama Pak Ganjar?” Katanya. 

Baca Juga : Waspada Informasi Soal Corona, JSH Klarifikasi 54 Hoaks

Menurut dia, pemerintah sudah siap mencegah penyebaran virus tersebut. Hal itu terbukti dengan penyiapan rumah sakit untuk mereka yang baru terkena gejala prosedurnya telah siap.

 “Yang penting jaga kesehatan seperti di musim hujan, flu enggak akan ada sama orang yang sehat, jadi virus harus dilawan sama fisik yang kuat jadi tolong makanan yang baik, banyak vitamin olahraga, sering cuci tangan,” katanya.

Ridwan Kamil mengatakan pentingnya cuci tangan bagi muslim bahkan sudah disampaikan para ulama bisa dilakukan lewat wudhu.

Baca Juga : Aplikasi Sapa Warga Dikerahkan Mengatasi Keresahan Virus Corona

 “Insyaallah itu syariat untuk menjaga. Mudah-mudahaan insyaallah gak ada di bandung gak ada di banyak tempat, sekarang lokus (corona) masih di Jakarta,” ujarnya. 

Ganjar Pranowo juga turut menambahkan pentingnya masyarakat tetap tenang dan waspada dalam menghadapi penyebaran virus corona. Ganjat meminta warga tidak membeli masker secara berlebihan, karena berakibat pada penyediaan stok. 

“Gak usah pake masker, yang sehat ndak usah. Makanya jangan berebut insyaallah semua pemerintah bergerak, daerah juga,” katanya

Adapun Ganjar sendiri berada di Bandung sejak Sabtu (7/3/2020) kemarin, meski begitu keduanya baru bertemu hari Minggu ini di kawasan Dayang Sumbi sekitar pukul 07.30.

Saat disinggung terkait apakah keakraban keduanya berhubungan dengan persiapan Pemilihan Presiden 2024 nanti, Emil -sapaan Ridwan Kamil- dan Ganjar hanya tersenyum dan membalas pertanyaan dengan bercanda.  "Persiapan senam," kata Ganjar.

Sedangkan Ridwan Kamil berharap dapat terus bersahabat dengan Ganjar keduanya diberikan kesehatan meskipun hingga tahun 2024. (Rianto Nurdiansyah)


Editor : Bsafaat