• Senin, 25 Oktober 2021

Pemprov Tambah Gedung Isolasi, IDI Jabar: Jumlah Tenaga Medis Kita Terbanyak se-Indonesia

- Kamis, 17 Desember 2020 | 18:30 WIB
net
net

INILAH, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menambah tempat isolasi pasien Covid-19 menyusul tingkat keterisian Rumah Sakit yang melonjak. Di sisi lain, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan (nakes) pun otomatis harus kian banyak untuk ditempatkan pada gedung isolasi tersebut. 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar Eka Mulyana mengatakan, sejauh ini Jabar memiliki jumlah nakes yang banyak. Dengan begitu, kebutuhan tenaga medis untuk keperluan di tempat isolasi bisa terpenuhi.

"Jadi sebetulnya jumlah kita (tenaga medis) di Jabar ini jumlahnya paling banyak se-Indonesia," ujar Eka, Kamis (17/12/2020). 

Hanya saja, yang mesti dilakukan bagaimana pihak Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Jabar, bisa berperan aktif menggaet para profesional baik dari dokter maupun perawat agar mampu mendistribusikan mereka ke tempat isolasi pasien terpapar virus corona.

Para dokter dan perawatan selama ini sudah sering berkoordinasi antara daerah maupun di dalam satu kabupaten/kota. Melalui komunikasi yang tepat setiap rumah sakit yang merawat pasien masih mampu melakukan pelayanan secara optimal. 

"Tinggal bagaimana koordinasi antara tingkat provinsi dengan kabupaten/kota, agar (nakes) bisa dimanfaatkan," ucap dia. 

IDI maupun asosiasi perawat sendiri, menurut Eka, sejauh ini belum diikutsertakan secara intens dalam penanganan persoalan Covid-19. Termasuk terkait rencana penambahan SDM untuk tempat isolasi baru. 

Struktur IDI di komite memang ada namun hanya sebagai jabatan tambahan. Kondisi ini membuat IDI lebih sulit ketika ingin menyampaikan pendapatnya.

"Kami belum optimal untuk diikutsertakan dalam penanganan COVID-19," ungkap Eka.

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

Ridwan Kamil Dorong Percepatan Vaksinasi di Cianjur

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Indeks Kemerdekaan Pers Jabar Naik 27 Peringkat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:15 WIB

Foto: West Java Invesment Summit 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:03 WIB
X