• Jumat, 3 Desember 2021

Revitalisasi Alun-alun, Tingkatkan Kebahagiaan Lahir Batin Masyarakat Jabar

- Kamis, 10 Juni 2021 | 07:50 WIB

INILAH, Bandung - Tambah satu alasan yang membuat masyarakat Jawa Barat bangga. Pasalnya, ruang publik ikonik sedang diproyeksikan hadir di setiap daerah.

Hal itu sejurus dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang sangat serius merevitalisasi Alun-alun di 27 kabupaten/kota. Di mana, kegiatan strategis provinsi ini adalah bentuk komitmen Gubernur Ridwan Kamil yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jawa Barat Boy Iman mengatakan, hingga 2021 ini pihaknya telah melakukan pembangunan pada alun-alun yang berada di beberapa kabupaten/kota.

"Antara lain, Alun-alun di Kota Majalengka, Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon, Alun-alun Kota Kuningan, Alun-alun Kota Sumedang, dan Alun-alun di Parigi Pangandaran," ujar Boy kepada Inilahkoran, Rabu (9/6/2021).

Sedangkan yang sudah fungsional, Boy melanjutkan, yaitu Alun-alun Kejaksan di Kota Cirebon, Alun-alun Kota Majalengka, dan juga Alun-alun Kota Sumedang.

"Serta Alun-Alun Paamprokan di Pangandaran yang merupakan CSR dari salah satu Dunia Usaha di Pangandaran," imbuhnya.

Boy melanjutkan, saat ini terdapat alun-alun yang masih dalam proses penyelesaian, seperti Alun-alun Parigi di Pangandaran. Selain itu, juga sedang mengejar pembangunan tahap dua di Alun-alun Kota Kuningan.

"Dan yang akan berproses yaitu Alun-Alun Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, dan Kota Bogor," katanya.

Boy menjelaskan, Pemprov Jabar berharap revitalisasi alun-alun ini dapat terlaksana di 27 kabupaten/kota hingga 2023 nanti. Di mana hal itu sesuai dengan target yang ada di RPJMD.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Coletot, Perpaduan Kuliner Khas Jabar-Yogyakarta

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:05 WIB

Ridwan Kamil Ajak Sri Sultan Nostalgia ke Bandung

Kamis, 2 Desember 2021 | 08:39 WIB

Ridwan Kamil Pamer Lukisan di Yogyakarta

Rabu, 1 Desember 2021 | 23:00 WIB

Program Prioritas Pemprov Selesai 2022, DPRD Jabar Ragu

Selasa, 30 November 2021 | 20:52 WIB
X