• Kamis, 23 September 2021

DPRD Jabar Minta Bansos Harus Tepat Sasaran

- Selasa, 20 Juli 2021 | 16:45 WIB

INILAH, Bandung - Seiring dengan melonjaknya kasus jumlah pasien yang terpapar Covid-19, pemerintah meminta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan hingga hari ini dan kemungkinan besar diperpanjang hingga akhir Juli mendatang.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Sosial sudah mengajukan bantuan sosial (bansos) bagi Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) untuk menjadi penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang menjadi program Kementerian Sosial (Kemensos).

Langkah tersebut disyukuri oleh Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Yuningsih. Adanya bantuan tersebut kata dia, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak dari kebijakan PPKM.

"Saya setuju (bansos) karena memang ini bukti pemerintah hadir. Saat ini kan berarti kan penutupan total, masyarakat teriak karena kesulitan. Walaupun ini waktunya hanya tujuh belas hari," ujar Yuningsih, Minggu (19/7/2021).

Dia berharap, bansos tersebut dapat tepat sasaran sesuai untuk masyarakat yang sangat membutuhkan. Sebab dikhawatirkan akan timbul polemik, jika terjadi kesalahan data penerima manfaat bantuan. Dia berharap, pemerintah daerah dapat lebih cermat dalam melakukan pendataan guna mengantisipasi kesalahan.

"Artinya didata dengan secermat mungkin agar ini tepat sasaran. Jangan sampai nanti datanya terburu-buru lalu anggaran itu umpamanya satu gelas tapi masyarakat yang butuh itu dua gelas akhirnya kan ini membuat polemik. Kalau umpamanya yang dibutuhkan dua gelas tapi anggaran yang ada satu gelas bagaimana ya setengahnya dapatnya," tandasnya. (yuliantono)

Editor: suroprapanca

Terkini

Vaksinasi Guru dan Tenaga Pendidik Terus Berproses

Kamis, 23 September 2021 | 09:10 WIB

Pengwil Jabar INI Kupas Tuntas Quo Vadis Jabatan Notaris

Senin, 20 September 2021 | 19:14 WIB
X