DPRD Jabar Minta Bumdes Dimaksimalkan untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Almaida Rosa Putra meminta Badan Usaha Milik De

DPRD Jabar Minta Bumdes Dimaksimalkan untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

INILAH, Bandung – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Almaida Rosa Putra meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dapat dimaksimalkan dengan mengembangkan peluang usaha di berbagai sektor strategis, demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dia pun mencontohkan, agar BUMDes lain dapat mengikuti BUMDes Gatot Kaca X, Desa Karang Raharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi yang mampu mengembangkan banyak bidang usaha dan terkelola baik. Sehingga dapat memberi manfaat kepada masyarakat sekitar.

“Saya berharap BUMDes yang berada di Jabar bisa mengikuti BUMDes Gatot Kaca di Desa Karang Raharja, Kecamatan Cikarang Utara ini. Mudah-mudahan BUMDes yang lain bisa mencontoh ke BUMDes disini. Karena baru ada 300 BUMDes yang terkelola dengan baik, sisanya masih belum maksimal dalam pengelolaannya,” ujarnya di sela-sela kunjungan, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Matangkan Perda Desa Wisata, Pansus V DPRD Jabar Datangi Desa Cibeusi Subang

Putra melanjutkan, banyak sektor potensial yang dapat dikelola BUMDes seperti bank sampah, budidaya ikan, maupun kerajinan tangan. Dia berharap, opsi tersebut dapat diikuti oleh BUMDes lain sesuai potensi yang ada di wilayah mereka. Sehingga diharapkan dapat membantu memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar.

“Bergeraknya bank sampah tersebut, sebagai salah satu bidang usaha yang dijalankan oleh beberapa pihak. Seperti ibu-ibu PKK, UKM dan lainnya. Menjadi contoh nyata yang dapat menghasilkan secara ekonomi. Mudah-mudahan dengan adanya peninjauan di BUMDes ini, dapat memotivasi desa lainnya di Jabar. Dapat memberikan solusi agar tercipta peluang usaha ke depan yang lebih baik,” harapnya. (Yuliantono)

 


Editor : inilahkoran