• Kamis, 28 Oktober 2021

Inilah Nama Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional Dilantik Gubernur Ridwan Kamil

- Jumat, 24 September 2021 | 19:29 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil foto/Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil foto/Humas Pemprov Jabar
 
INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan penguatan di sejumlah sektor dengan melantik lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (24/9/2021).
 
Lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Fungsional yang dilantik itu, yakni Hery Antasari yang semula menjabat Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar, Dicky Saromi yang semula menjabat Kepala BPSD Jabar menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMdes) Jabar,  A Koswara yang semula menjabat Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar menjadi Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Bambang Tirtoyuliono yang semula menjabat Kepala  DPMDes Jabar menjadi Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar. 
 
Selain itu, Ridwan Kamil juga melantik Dudi Abdurachim yang semula menjabat Asisten 3 Setda Provinsi Jabar menjadi Asesor Sumber Daya Manuasia Aparatur Ahli Utama. 
 
 
"Pada dasarnya dari yang mengalami pelantikan ini sudah dihitung secara baik karena kami membutuhkan penguatan di sektor yang tadi kami lantik dengan SDM yang tentunya bisa lebih optimal dan lebih beradaptasi," ujar Ridwan Kamil dalam video virtualnya. 
 
Ridwan menugaskan Kepala Dinas BPSDM Hery Antasari agar terus melakukan penguatan terhadap dua kajian, yaitu menyiapkan SDM di Pemprov Jabar yang siap terhadap 4.0 dan post Covid-19. 
 
"Birokrasi apa yang sudah dicapai oleh pak Dicky Saromi tolong dilanjutkan dan terus dicarikan terobosan karena arah pembangunan di Jabar oleh  SDM yang luar biasa," katanya. 
 
 
Kemudian kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMdes) Jabar, Ridwan Kamil menitipkan agar menerapkan teori yang sudah dibangun dengan baik saat menjabat Kepala BPSDM. Terlebih, dia menilai Dicky Saromi telah melakukan kajian dan meneliti dengan baik. 
 
"Sekarang momentumnya untuk menerapkan teori yang dibangun di BPSM dulu, untuk diterapkan di sumber daya yang kita andalkan di Jabar yaitu SDM pedesaan," katanya. 
 
Untuk Kepada Dinas Perhubungan A Kosawara, Ridwan Kamil mengatakan, saat ini banyak titipan dari program pemerintah pusat terkait perhubungan. Di mana ada banyak peraturan presiden yang sudah dibentuk, di antaranya untuk percepatan Kawasan Rebana juga Jabar Selatan. 
 
 
"Yang banyak bersinggungan dengan sektor perhubungan ada Kereta Api Cepat, ada reaktivasi Jalur Lama, ada konsep Jabar Selatan dan tetunya penguatan terkait perhubungan lintas regional lintas algomerasi," kayanya. 
 
Ridwan Kamil menambahkan, untuk Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono, agar mengoptimalkan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Mengingat adanya kritikan dari berbagai pihak. 
 
Menurut dia, sosok Bambang Tirtoyuliono yang juga kerap melakukan kunjungan ke lapangan kala menjabat Kepala DPMdes juga sangat dibutuhkan pada jabatan barunya. 
 
 
"Yang menjadi concern saya adalah  dana Pemulihan Ekonomi Nasional yang terlihat kurang optimal ini ada kritkan dari berbagai pihak. Jadi  tolong dicek jangan sampai kita sudah pinjam tapi tidak menghasilkan infrastruktur yang diharapkan di waktu yang tepat," katanya.
 
Selanjutnya, Ridwan melantik Dudi Abdurachim yang semula menjabat Asisten 3 Setda Provinsi Jabar menjadi Asesor Sumber Daya Manuasia Aparatur Ahli Utama. Hal itu karena pengalaman Dudi yang sangat dibutuhkan dalam melakukan sejumlah input umum. 
 
"Karena saya yakin kunci keberhasilan kita ada pada SDM yang mumpuni termasuk proses seleksi merit sistem dan lain-lain. Dan bisa membantu penguatan di BKD, BPSDM dan lain lain dari pengalaman Pak Dudi yang luar biasa," pungkasnya.  (Riantonurdiansyah) 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal UMK 2020 di Jabar, Ini Kata Ridwan Kamil

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:36 WIB

DPRD Jabar Apresiasi Catatan Manis P3D Subang

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:11 WIB

Siti Muntamah Prediksi PTMT Bakal Ditutup Kembali

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Uu Ruzhanul Ajak Pemuda Satukan Visi Membangun

Rabu, 27 Oktober 2021 | 23:00 WIB

Jabar Belajar Pemulihan Ekonomi dari Jepang

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:45 WIB
X