• Kamis, 28 Oktober 2021

DPRD Jabar Harap Pemerintah Pusat Segera Buka Keran DOB

- Sabtu, 25 September 2021 | 10:58 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Syahrir berharap pemerintah pusat segera membuka keran Daerah Otonomi Baru (DOB), mengingat luasnya wilayah Jabar yang sangat perlu segera menambah jumlah kota dan kabupatennya guna mempercepat pembangunan di daerah.

Sejauh ini kata dia, Jawa Barat dengan luas sekitar 35.378 km dan dengan jumlah populasi hampir 50 juta jiwa baru memiliki 27 kota dan kabupaten. Kalah jauh dengan Provinsi Jawa Tengah yang sudah memiliki 35 kota dan kabupaten, dengan luas wilayah 32.801 km dan populasi sekitar 35 juta jiwa.

“Mengenai ini, kami di DPRD dan Komisi I sifatnya hanya merekomendasikan daerah yang sudah siap sarana dan prasarana untuk dijadikan Daerah Otonomi Baru. Sejauh ini memang di pemerintah pusat belum dilakukan pembukaan keran penambahan DOB, karena fokus dalam penanganan pandemi. Tapi kita harap secepatnya dapat segera dibuka, karena kita ini hanya ada 27 kota dan kabupaten. Sementara Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah 30 lebih,” ujar Syahrir kepada INILAH, Jumat lalu.

Baca Juga: DPRD Jabar Harap Olahraga Teqball Segera Menjadi Anggota KONI

Dia menambahkan, sedikitnya jumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat adalah sebuah kerugian. Mengingat anggaran bantuan dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi kota dan kabupaten, menjadi tidak besar. Sementara dengan luas dan jumlah penduduk yang besar, butuh pemasukan tinggi dalam pembangunan infrastruktur.

“Terus terang, ini kerugian buat kita di Jawa Barat ini karena seperti dana desa dan dana bantuan lainnya yang diperuntukkan bagi kota dan kabupaten jadi tidak terserap. Sementara wilayah kita luas dan jumlah penduduknya banyak. Ini yang kita harap dan dorong dapat segera terealisasi, agar DOB kita bertambah lagi,” ucapnya.

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Kompetensi Program Kesehatan Ditingkatkan

Sejauh ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD Jabar baru mengajukan dua daerah untuk dijadikan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), yakni Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat. Dalam rangka menambah jumlah kota dan kabupaten yang ada. (Yuliantono)

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Jabar Apresiasi Catatan Manis P3D Subang

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:11 WIB

Siti Muntamah Prediksi PTMT Bakal Ditutup Kembali

Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Lahirkan BJB Sekuritas, Ini Harapan DPRD Jabar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:30 WIB
X