• Minggu, 24 Oktober 2021

Jabar Go Digital Kian Meyakinkan, Kini Tempati Posisi Kedua Daya Saing Digital di Indonesia

- Minggu, 26 September 2021 | 20:11 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. (Twitter.com/@jabarprov)
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil. (Twitter.com/@jabarprov)

INILAHKORAN, Bandung,- Jawa Barat menatap mantap tekad menuju provinsi go digital. Salah satunya yakni dengan target digitalisasi sektor UMKM.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kamg Emil menyebut, saat ini jumlah pelaku UMKM di Jabar yang masuk pasar daring atau lokapasar (marketplace) terus bertambah.

Sebelum pendemi COVID-19 hanya 20 persen atau 602 pelaku UMKM Jabar yang masuk di lokapasar namun setelah didampingi dan dilatih kini sudah ada 1.623 UMKM masuk lokapasar atau naik 34 persen.

"Provinsi Jabar sangat peduli dengan UMKM. Kenapa? Karena 90 persen ekonomi Jawa Barat itu ekonomi UMKM. Kemudian kita ingin semua go digital, maka kita lakukan pelatihan pendampingan semua pokoknya," kata Ridwan Kamil dalam acara launching Toko oleh Kaya.id secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu, 26 September 2021

Baca Juga: Pilkades 2021 Ditunda, DPRD Jabar Harap Calon Kades Tidak Jor-joran

Selama pandemi ini Pemerintah Provinsi Jabar bersama kabupaten/kota mendampingi dan melatih UMKM untuk tetap bertahan bahkan berkembang dengan beradaptasi dengan teknologi yakni melakukan strategi pemasaran digital.

Jabar, kata Ridwan Kamil, terus mendorong daya saing digital. Saat ini, Jabar menempati posisi dua dalam hal daya saing digital di Indonesia dengan skor 57,1.

Menurutnya, ada empat pilar yang menjadi pendukung daya saing digital yakni SDM berkualitas, pembiayaan teknologi informasi dan komunikasi, pertumbuhan keuangan digital tinggi dan terakhir infrastruktur digital.

"Kami ini daya saing ada di rangking dua karena kami ini desa. Makanya Jawa Barat membuat konsep desa digital. Tentunya ada empat yang sedang kami siapkan. SDM harus siap semua harus jago digital. Kemudian tidak usah pakai cash lagi, semua pakai QR Code semua pake e-money dan sebagainya kemudian infrastruktur dan lain-lain," kata Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil Dorong Percepatan Vaksinasi di Cianjur

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Indeks Kemerdekaan Pers Jabar Naik 27 Peringkat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:15 WIB

Foto: West Java Invesment Summit 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:03 WIB
X