Genjot Bumdes, DPRD Jawa Barat Sebut Perlu Belajar ke Banten

- Senin, 18 Oktober 2021 | 15:30 WIB
Muhamad Sidkon
Muhamad Sidkon

INILAHKORAN, Bandung – Berkunjung ke DPRD Banten, Muhamad Sidkon Djampi mengapresiasi pembahasan raperda Bumdes di wilayah tersebut.

Muhamad Sidkon, anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, mengunjungi DPRD Banteng untuk mempelajari pembentukan dan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes ) yang dilakukan Provinsi Banten.

Menurutnya, Provinsi Banten memiliki potensi dalam pengembangan Bumdes, khususnya dalam pengembangan hasil pertanian dan laut. Belum lagi dari sentra kerajinan, yang mendongkrak perekonomian.

Secara geografis, Banten dan Jawa Barat tak jauh beda. Kesamaan geografis ini, kata Sidkon, dapat menjadi peluang untuk ditiru dalam meningkatkan Bumdes.

Baca Juga: Terbaik di Jawa Barat, DPRD Jawa Barat Apresiasi Keunggulan BUMDes Ciburial

"Lebih jauh lagi ada hasil hasil kreativitas masyarakatnya, hasil kerajinannya cukup  banyak, dan saya kira ini sebuah potensi yang harus dipelajari oleh Jabar," ujar Sidkon.

Dia berharap, Jawa Barat dapat mengikuti apa yang sudah dilakukan Banten dalam menunjang perkembangan Bumdes. Terutama dalam Raperda, guna mematangkan Bumdes demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat tiap pelosok daerah, di masa mendatang.

"Ke depannya, Jabar harus belajar dan lebih baik lagi dalam membahas Raperda Bumdes ini, yang biasa dan kita bisa belajar dari situ," tutupnya. (Yuliantono)

Editor: Zulfirman

Tags

Terkini

Legislator Jabar Dorong Anggaran Rutilahu Ditambah

Selasa, 1 Maret 2022 | 10:46 WIB

DPRD Jabar Pantau Pembangunan Terminal Ciledug

Kamis, 24 Februari 2022 | 11:00 WIB
X