• Selasa, 30 November 2021

Lahirkan BJB Sekuritas, Ini Harapan DPRD Jabar

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:30 WIB
gedung dprd jawa barat
gedung dprd jawa barat

INILAH, Bandung – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Asep Arwin Kotsara mengapresiasi dan mendukung penuh Bank bjb, yang baru saja melahirkan lini usaha baru yakni PT. BJB Sekuritas Jawa Barat guna meningkatkan pendapatannya, serta tentu saja akan mendongkrak pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dia menilai, hadirnya anak perusahaan tersebut merupakan terobosan baru dan bukti kecerdikan Bank bjb dalam melihat peluang. Sebab sejauh ini kata dia, dalam skala nasional baru Bank bjb selaku aset daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang serius terjun dalam dunia investasi. Sementara daerah lain, dengan BUMD-nya belum ada yang melakukan hal serupa yakni membuat anak perusahaan bergerak di bidang investasi secara fokus.

“Hadirnya BJB Sekuritas merupakan Perusahaan Efek Daerah (PED). Secara nasional, Bank bjb satu-satunya perusahaan aset daerah yang membuat terobosan baru ini, dengan membuat anak perusahaan yang fokus pada investasi.  Disini kita melihat, bagaimana Bank bjb melihat peluang akan animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap sektor investasi. Bagi kami, selaku DPRD Jabar dan Komisi III melihat ini sebagai langkah yang positif dan bagus dilakukan Bank bjb dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Arwin kepada INILAH, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Pemprov Maksimalkan Aset Guna Dongkrak PAD

Menilik perkembangan sektor investasi di Jawa Barat selama empat tahun terakhir, Arwin mengaku optimistis BJB Sekuritas dapat melaju pesat. Sebab bahkan di tengah pandemi Covid-19 sekalipun kata dia, investasi tetap tumbuh signifikan seakan tidak terpengaruh akan dampak global yang timbul, sementara sektor lain bertumbangan.

“Berdasarkan survey, dari 2018 jumlah investor sekitar 134 ribu orang. 2019 bertambah menjadi 177 ribu orang. Kemudian 2020, saat pandemi tetap ada penambahan sekitar 101 ribu orang. Terakhir, di akhir Juni 2021 bertambah kurang lebih sekitar 151 ribu orang. Itu investor baru semua. Artinya memang kondisi pandemi, sektor investasi ini sangat menjanjikan. Inilah peluang yang ditangkap Bank bjb untuk membuat perusahaan baru dibawah dia, yaitu BJB Sekuritas. Untuk mengakomodir jumlah investasi yang besar itu di Jawa Barat,” ucapnya.

Dia berharap, hadirnya BJB Sekuritas kian memantapkan Bank bjb sebagai BUMD raksasa secara nasional sekaligus penyumbang deviden terbesar bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) secara konsisten dalam pengembangan dan pembangunan daerah, demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Baca Juga: DPRD Jabar Dorong Pemulihan Dampak Pandemi di Sektor Pertanian

“Terus terang, kita akui dampak pandemi agak kelimpungan. 2020, APBD kita minus Rp 5 triliun. Kemudian 2021 juga sama. Total minus dalam dua tahun ini sekitar Rp 10 triliun. Makanya banyak anggaran di cut atau di refocussing. Kita harap, dari terobosan Bank bjb ini dapat menambah PAD bagi Jawa Barat. Apalagi sejauh ini, mitra Komisi III ini ada hampir 40 BUMD baik sektor keuangan, maupun non keuangan dan Bank bjb yang dengan keuangan bagus, profit bagus dan memberikan deviden tertinggi untuk Pemerintah Provinsi, dalam pembangunan daerah,” harapnya.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Jabar Minta MPP Diperbanyak

Jumat, 26 November 2021 | 19:15 WIB

DPRD Jabar Dorong Pemprov Perbanyak Desa Digital

Jumat, 26 November 2021 | 15:21 WIB

DPRD Jabar Minta TAPD Tidak Asal Klaim Anggaran OPD

Sabtu, 20 November 2021 | 17:15 WIB

DPRD Jabar Minta Jaswita Maksimalkan Aset

Sabtu, 20 November 2021 | 11:30 WIB

Legislator Ingin Genjot IPP Jabar

Rabu, 10 November 2021 | 14:31 WIB

DPRD Jabar Sebut Ibu Pelindung Terbaik Bagi Anak

Selasa, 9 November 2021 | 15:00 WIB

DPRD Jabar Minta bjb Bantu Perekonomian Desa

Senin, 8 November 2021 | 21:30 WIB

DPRD Jabar Dorong Pemprov Putar Otak Terkait BIJB

Senin, 8 November 2021 | 19:15 WIB

DPRD Jabar Minta Pemprov Serius Tangani Soal Sampah

Senin, 8 November 2021 | 18:55 WIB
X