• Minggu, 5 Desember 2021

Bangun Ketahanan Pangan, Dadang Kurniawan Dorong BUMDes Genjot Sektor Pertanian dan Perkebunan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 22:22 WIB
Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Dadang Kurniawan terus mendorong optimalisasi BUMDes sebagai penguatan produk hasil pertanian dan perkebunan. (Yuliantono)
Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat, Dadang Kurniawan terus mendorong optimalisasi BUMDes sebagai penguatan produk hasil pertanian dan perkebunan. (Yuliantono)

INILAHKORAN, Bandung – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menggenjot sektor pertanian dan perkebunan, guna membangun ketahanan pangan sekaligus memulihkan perekonomian masyarakat.

Dadang Kurniawan berharap, seluruh BUMDes di Jawa Barat dapat memaksimalkan potensi dan berinovasi dari hasil pertanian dan perkebunan yang ada pada daerah mereka.

Sehingga dapat memicu semangat, untuk terus produktif untuk menghasilkan produk yang baik. Terlebih pada saat ini, kedua sektor tersebut tahan terhadap dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tiga Anjing dari Gunung Merapi Spanyol Coba Diselamatkan Operator Drone

“Kami berharap, dari BUMDes-BUMDes ini dapat mengembangkan hasil pertanian dan perkebunan dari wilayah mereka masing-masing yang sekiranya potensial dan memiliki nilai jual lebih," ungkap Dadang Kurniawan, Rabu, 20 Oktober 2021.

"Sehingga mereka para petani ini, terpacu semangatnya untuk menghasilkan hasil pertanian yang baik. Apalagi seperti kita tahu, pertanian dan perkebunan ini merupakan sektor yang tidak terdampak dari pandemi,” ujar Dadang kepada INILAH, Rabu, 20 Oktober 2021

Selain itu kata Dadang, dengan mekanisme yang tepat dalam pengelolaannya di daerah, dapat membantu pemerintah dalam menekan jumlah pengangguran di daerah. Mengingat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jawa Barat pada saat ini berjumlah sekitar 2,1 juta orang.

Baca Juga: Dadang Kurniawan Apresiasi Program Petani Milenial Juara, Tapi Tetap Perhatikan Petani Organik

“Jika diterapkan dengan sistem yang baik, diatur sedemikian rupa. Sehingga nantinya bisa padat karya. Ini tentu saja sangat membantu, tidak hanya untuk masyarakat. Tetapi juga pemerintah, sebagai penanggungjawab dalam pengentasan pengangguran. Otomatis nantinya, jumlah pengangguran akan menurun dari yang ada sekarang. Industri kreatif pun dengan sendirinya akan tumbuh,” ucap Dadang Kurniawan

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Prioritas Pemprov Selesai 2022, DPRD Jabar Ragu

Selasa, 30 November 2021 | 20:52 WIB

DPRD Jabar Minta MPP Diperbanyak

Jumat, 26 November 2021 | 19:15 WIB

DPRD Jabar Dorong Pemprov Perbanyak Desa Digital

Jumat, 26 November 2021 | 15:21 WIB

DPRD Jabar Minta TAPD Tidak Asal Klaim Anggaran OPD

Sabtu, 20 November 2021 | 17:15 WIB

DPRD Jabar Minta Jaswita Maksimalkan Aset

Sabtu, 20 November 2021 | 11:30 WIB

Legislator Ingin Genjot IPP Jabar

Rabu, 10 November 2021 | 14:31 WIB

DPRD Jabar Sebut Ibu Pelindung Terbaik Bagi Anak

Selasa, 9 November 2021 | 15:00 WIB
X