• Minggu, 5 Desember 2021

Dadang Kurniawan Dorong Pemprov Jabar Maksimalkan Sektor Kelautan dan Perikanan

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:23 WIB
Anggota Komisi II DPRD Jabar Dadang Kurniawan (yuliantono)
Anggota Komisi II DPRD Jabar Dadang Kurniawan (yuliantono)

INILAHKORAN, Bandung – Anggota Komisi II DPRD Jabar Dadang Kurniawan mendorong pemerintahan provinsi untuk memaksimalkan sektor kelautan dan perikanan. Sebab, pemanfaatannya potensial meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia menjelaskan, luasnya kawasan pesisir Jabar mulai dari Kabupaten Sukabumi bagian Selatan hingga Kabupaten Tasikmalaya dapat menjadi andalan dalam pemulihan ekonomi akibat dampak dari pandemi Covid-19. Selain itu, optimalisasi itu pun membantu menyukseskan ketahanan pangan daerah.

“Kita ini memiliki wilayah pesisir atau laut yang cukup luas. Mulai dari Sukabumi Selatan, Cianjur Selatan, Garut Selatan, Sampai Tasikmalaya, Pangandaran. Itu semua berpotensi untuk menyejahterakan masyarakat, jika pemerintah bisa memaksimalkannya. Melalui stakeholder terkait, peran serta Pemprov sangat penting dalam mendukungnya,” ujar Dadang Kurniawan, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca Juga: DPRD Jabar Dukung Pembangunan Berlandaskan Adat dan Budaya

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari memberikan pelatihan, bantuan modal, peralatan penunjang, hingga inovasi produk dan pengemasan pada hasil produksi laut.

Sehingga hasil baik dari budidaya ikan, udang, kerang, rumput laut dan lainnya, tidak hanya bisa bersaing di Indonesia. Namun juga ke luar negeri, sebagai komoditas ekspor.

Baca Juga: Dadang Kurniawan Apresiasi Program Petani Milenial Juara, Tapi Tetap Perhatikan Petani Organik

“Dengan penguatan anggaran, pemerintah melalui stakeholder terkait. Seperti UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) dapat menunjang kebutuhan nelayan maupun peternak ikan. Bisa dengan pelatihan, yang memberikan wawasan. Mulai dari penyimpanan produknya, lalu dijadikan seperti apa produknya. Hingga dibantu pengemasannya. Sehingga hasilnya pun bisa lebih maksimal. Belum lagi sumbernya melimpah, bisa dari ikan itu sendiri. Kerang mungkin. Atau juga rumput laut, dimana itu semua bisa saja kita ekspor keluar. Jadi komoditas utama, asal punya kualitas untuk bersaing,” ucap Dadang Kurniawan.***(yuliantono)

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Prioritas Pemprov Selesai 2022, DPRD Jabar Ragu

Selasa, 30 November 2021 | 20:52 WIB

DPRD Jabar Minta MPP Diperbanyak

Jumat, 26 November 2021 | 19:15 WIB

DPRD Jabar Dorong Pemprov Perbanyak Desa Digital

Jumat, 26 November 2021 | 15:21 WIB

DPRD Jabar Minta TAPD Tidak Asal Klaim Anggaran OPD

Sabtu, 20 November 2021 | 17:15 WIB

DPRD Jabar Minta Jaswita Maksimalkan Aset

Sabtu, 20 November 2021 | 11:30 WIB

Legislator Ingin Genjot IPP Jabar

Rabu, 10 November 2021 | 14:31 WIB

DPRD Jabar Sebut Ibu Pelindung Terbaik Bagi Anak

Selasa, 9 November 2021 | 15:00 WIB
X