• Minggu, 5 Desember 2021

Bank Indonesia – Pemda Provinsi Jabar Jembatani Investor dengan UMKM

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:45 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memaparkan strategi pengembangan UMKM pada High Level Session di hari kedua WJIS 2021 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung (22/10/2021). (Foto: Aji Bagus Muharam/Biro Adpim Jabar)
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memaparkan strategi pengembangan UMKM pada High Level Session di hari kedua WJIS 2021 di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung (22/10/2021). (Foto: Aji Bagus Muharam/Biro Adpim Jabar)

INILAHKORAN, Bandung-Bank Indonesia–Pemda Provinsi Jawa Barat memfasilitasi UMKM di ajang The 3rd West Java Investment Summit (WJIS) 2021.

Ditandai dengan beberapa UMKM yang “bersaing” dengan proyek – proyek besar dan sedang untuk menarik minat investor dalam dan luar negeri.

Ketiga UMKM itu yakni Palm Trees atau produk kelapa dengan pemilik proyek CV Mitra Niaga Indonesia, Hofland Coffe punya The Gunung Luhur Berkah, dan Kopi Malabar Indonesia milik CV Malabar. Ketiga produk UMKM ini yang semuanya dalam proses untuk didiskusikan dengan investor.

Baca Juga: WJIS 2021: Agro Jabar-Pindad Sepakat Kembangkan Teknologi Pertanian

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang mengisi High Level Session pada hari kedua WJIS memaparkan strategi pengembangan UMKM melalui skema investasi.

Wagub yakin UMKM Jabar secara pasar sangat prospektif mengingat jumlahnya yang mencapai 5 juta unit usaha. Salah satu cara mengembangkan UMKM adalah dengan mempermudah perizinan dan sertifikasi halal. Cara lain yaitu dengan memperkuat UMKM baik dari segi kapasitas produk, menajemen, skill, dan pemasaran.

Kemudian, kata Wagub, Pemda provinsi Jawa Barat menjalankan program penyediaan modal, pendidikan dan pembinaan, serta berkolaborasi dengan beberapa instansi.

Baca Juga: MUJ Teken Dua Kerjasama Strategis Dengan PGN dan BPKH di WJIS 2021

Salah satu yang saat ini sedang berjalan adalah One Pesantren One Product (OPOP) untuk mengembangkan UMKM berbasis pesantren dan masyarakat sekitar. Diketahui pondok pesantren banyak terdapat di perdesaan.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat Diresmikan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:13 WIB

Jabar Provinsi Anggota JDIHN Terbaik Tahun 2021

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:06 WIB

Coletot, Perpaduan Kuliner Khas Jabar-Yogyakarta

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:05 WIB

Ridwan Kamil Ajak Sri Sultan Nostalgia ke Bandung

Kamis, 2 Desember 2021 | 08:39 WIB
X