• Selasa, 30 November 2021

Dadang Kurniawan Dukung Percepatan Pengembangan Rebana dan Jabar Selatan

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:25 WIB
Anggota Komisi II DPRD Jabar Dadang Kurniawan (yuliantono)
Anggota Komisi II DPRD Jabar Dadang Kurniawan (yuliantono)

INILAHKORAN, Bandung,- Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Dadang Kurniawan mendukung penuh upaya percepatan yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov), dalam pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar bagian Selatan guna mendongkrak sektor perdagangan, industri, pariwisata dan pertanian.

Terlebih dengan hadirnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2021, diharapkan kian mempermudah pembangunan yang meliputi kawasan Kabupaten Subang, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Sukabumi, Cianjur, Garut, Ciamis, Tasikmalaya dan Pangandaran, khususnya dalam pendanaan. Baik dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), maupun sumber pendanaan lain.

Apalagi Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan, dari komitmen lewat Perpres tersebut akan menyerap investasi dana hampir sekitar Rp400 triliun hingga 2024, untuk menyukseskan pembangunan dua kawasan tersebut.

Baca Juga: Dorong Generasi Milenial KBB Ciptakan Lapangan Kerja, Hengky Sebut KBB Punya Modal Ini

Ditambah lagi dengan ditopangnya akses transportasi yang memadai seperti Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, Tol Cipali dan kereta api, diyakini Dadang akan menghidupkan Rebana dan Jabar Selatan.

“Kami mendukung penuh dan berharap besar, terhadap percepatan pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar bagian Selatan, dalam rangka menggenjot sektor perdagangan, industri, pariwisata dan pertanian di Jawa Barat. Kita harap, dengan adanya dua kawasan tersebut. Sehingga memberi manfaat kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah tersebut. Mega proyek ini harus berhasil, apalagi sudah mendapatkan dukungan penuh. Baik dari pemerintah pusat, melalui anggaran dan juga akses transportasi yang sudah memadai dalam ekspor dan impor,” ujar Dadang kepada INILAH, Selasa, 26 Oktober 2021

Baca Juga: Spoiler Ikatan Cinta RCTI, Hari Ini 26 Oktober 2021: Andin dan Aldebaran Beradegan Romantis, Bikin Senyum Send

Dia bersyukur, pelaksanaan pembangunan dengan 162 unit program yang terbagi untuk Kawasan Rebana dan Jabar bagian Selatan, menunjukan keseriusan dan harapan dalam pengembangan daerah yang lebih baik di masa mendatang. Khususnya Kawasan Rebana, diakuinya berpotensi menjadi pusat industri skala nasional jika menilik dari 81 unit program pengembangan yang direncanakan. Meliputi 24 program pembangunan infastruktur jalan, enam program infrastruktur perhubungan, 13 program infrastruktur dasar, 14 program infrastruktur sumber daya air dan 24 unit program pembangunan infrastruktur lainnya.

Ditambah dengan keyakinan Gubernur Ridwan Kamil, dalam The 3rd West Java Investment Summit, Kamis lalu. Dimana pengembangan Kawasan Rebana yang memakan luas sekitar 43 ribu hektar ini, bakal membuka sekitar lima juta lapangan pekerjaan baru pada 2030 mendatang. Serta memberikan kontribusi ekonomi nasional berkisar 1-2 persen, bila semua visi tercapai.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Jabar Minta MPP Diperbanyak

Jumat, 26 November 2021 | 19:15 WIB

DPRD Jabar Dorong Pemprov Perbanyak Desa Digital

Jumat, 26 November 2021 | 15:21 WIB

DPRD Jabar Minta TAPD Tidak Asal Klaim Anggaran OPD

Sabtu, 20 November 2021 | 17:15 WIB

DPRD Jabar Minta Jaswita Maksimalkan Aset

Sabtu, 20 November 2021 | 11:30 WIB

Legislator Ingin Genjot IPP Jabar

Rabu, 10 November 2021 | 14:31 WIB

DPRD Jabar Sebut Ibu Pelindung Terbaik Bagi Anak

Selasa, 9 November 2021 | 15:00 WIB

DPRD Jabar Minta bjb Bantu Perekonomian Desa

Senin, 8 November 2021 | 21:30 WIB

DPRD Jabar Dorong Pemprov Putar Otak Terkait BIJB

Senin, 8 November 2021 | 19:15 WIB

DPRD Jabar Minta Pemprov Serius Tangani Soal Sampah

Senin, 8 November 2021 | 18:55 WIB
X