• Selasa, 5 Juli 2022

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Siti Muntamah Ajak Pemuda Jabar Bangun Bangsa

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:31 WIB
Siti Muntamah  (Yuliantono)
Siti Muntamah (Yuliantono)

INILAHKORAN, Bandung,- Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Siti Muntamah mengajak para pemuda untuk membangun bangsa dan negara, yang tengah merangkak memulihkan diri di tengah pandemi Covid-19.

Ummi Siti sapaan akrabnya Situ Muntamah mengatakan, pemuda adalah pondasi dalam terciptanya suatu negara. Bahkan sejarah terbentuknya Indonesia pun diawali oleh buah pemikiran dan sikap yang dilakukan para pemuda, salah satunya peristiwa Rengasdengklok.

Saat itu menurut Ummi, golongan muda seperti Wikana, Sukarni, Chairul Saleh, Asmara Hadi, Subadio Sastrosatomo, Sayuti Melik serta lainnya menculik Soekarno dan Mohammad Hatta, untuk mendesak agar segera diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia yang akhirnya ditetapkan pada 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Peringati Hari Tani Nasional, PKS Komitmen Kawal Kesejahteraan Petani

Bahkan dalam sejarah Islam pun kata Ummi Siti, pemuda mempunyai peran penting dan besar. Seperti Usamah bin Zaid yang sudah ditunjuk oleh Nabi Muhammad SAW sebagai panglima perang, kala usianya baru 18 tahun.

Kemudian Muhammad Al-Fatih, ketika masih berusia 25 tahun mampu menaklukan Konstantinopel atau saat ini menjadi Istanbul, Turki dari Romawi Timur. Sehingga tidak heran kata Ummi Siti, bahwa pemuda adalah center of excellence yang patut didorong demi kemajuan bangsa.

“Menyikapi peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober nanti, kami mengajak kepada para pemuda khususnya di Jawa Barat ini untuk bersama-sama kita membangun bangsa dan negara ini. Dimana seperti kita tahu, negara kita sedang terpuruk. Jangan asyik dengan dunianya sendiri. Ayo kita sama-sama memajukan negara kita ini," ungkap Siti Muntamah kepada INILAH, Kamis 28 Oktober 2021

Baca Juga: DPRD Jabar Dorong Perempuan Berani Berwirausaha

"Kita punya Sumber Daya Alam (SDA) yang kaya, ayo para pemuda tampil. Bung Karno pun pernah mengatakan, beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Ini menunjukan bahwa para pemuda ini sangat penting, termasuk dalam membangun suatu negara,” terang Siti Muntamah.

Halaman:

Editor: Ghiok Riswoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pansus VI DPRD Jabar Nilai DLH Sumsel Layak Ditiru

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:40 WIB
X