• Minggu, 23 Januari 2022

DPRD Jabar Dukung Pembangunan Gedung Pencak Silat Demi Lestarikan Warisan Budaya

- Selasa, 9 November 2021 | 15:46 WIB
Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Harris Bobihoe mengatakan, gedung pencak silat akan dibangun dalam kawasan Kampung Pencak Silat di Kiarapayung, Kabupaten Sumedang. (Humas DPRD Jabar)
Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Harris Bobihoe mengatakan, gedung pencak silat akan dibangun dalam kawasan Kampung Pencak Silat di Kiarapayung, Kabupaten Sumedang. (Humas DPRD Jabar)

INILAHKORAN, Bandung – Seiring dengan diakuinya pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO, Komisi V DPRD Jabar bersama Dinas Pariwisata dan Budaya berkomitmen untuk membangun gedung pencak silat.

Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Haris Bobihoe mengatakan, gedung pencak silat itu akan dibangun dalam kawasan kampung pencak silat di Kiarapayung, Kabupaten Sumedang. Pembangunan gedung itu bertujuan untuk menjadi tempat berkumpul para pelaku seni silat guna saling menjaga kelestarian budaya tersebut.

“Kita ingin punya gedung untuk pelestarian budaya. Seperti kita ketahui, silat itu adalah budaya tradisional yang diakui UNESCO. Maka peruntukan gedung ini kita maksudkan untuk orang-orang dapat melihat langsung silat dan pelestarian budaya lainnya, betul-betul dinilai lebih oleh masyarakat," ujar Abdul Haris Bobihoe.

Baca Juga: DPRD Jabar Sebut Ibu Pelindung Terbaik Bagi Anak

Dia memastikan, pihaknya akan mendorong dan mendukung penuh fasilitas tersebut. Mengingat kebutuhannya tidak hanya menjadi pelestarian budaya, tetapi juga dapat menjadi wahan wisata bagi masyarakat.

“Komisi V beserta dinas kebudayaan akan terus mendorong ini, agar gedung ini menjadi wahana untuk pelestarian budaya juga menjadi wahana untuk wisata warga Jawa Barat,” ucap Abdul Haris Bobihoe.***(yuliantono)

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

DPRD Jabar Dukung Pemekaran Tasikmalaya Selatan

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:35 WIB

Tingkatkan Kompetensi SDM, Setwan Jabar Gelar Rakor

Rabu, 22 Desember 2021 | 19:30 WIB
X