• Rabu, 26 Januari 2022

Legislator Ingin Genjot IPP Jabar

- Rabu, 10 November 2021 | 14:31 WIB
Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah mendorong Pemprov Jabar tingkatkan IPP. (Humas DPRD Jabar)
Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah mendorong Pemprov Jabar tingkatkan IPP. (Humas DPRD Jabar)

INILAHKORAN, Bandung - Anggota Komisi V DPRD Jabar Siti Muntamah mengatakan, pihaknya memiliki tanggungjawab dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintahan provinsi terkait penyebab turunnya Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Dia pun berkeinginan untuk memperbaikinya, usai menerima laporan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat kunjungan Komisi V, Selasa 9 November 2021 lalu, ditemukan bahwa penyebab turunnya IPP Jabar ke urutan 29 dari 34 provinsi, akibat hanya delapan indikator yang dapat diukur dari 15 indikator.

Delapan indikator inilah yang hanya memenuhi kelayakan uji sampel kata Ummi Siti, sementara separuhnya masih belum memenuhi syarat. Guna mengatasi masalah ini, dia mengatakan perlu ada kebijakan pemerintah dalam perbaikan di tiap indikatornya. Yakni pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, partisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi.

Baca Juga: Usai Datangi Wanayasa, Buky Wibawa Nilai Rutilahu Masih Kecil

"Diperlukan kebijakan hingga rencana aksi daerah dalam upaya meningkatkan IPP Jawa Barat berdasarkan pada domain indikatornya,” ujarnya, Rabu 10 November 2021.

Menurutnya perlu kolaborasi semua pihak, guna mengatasi masalah ini. Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Tenaga Kerja, Biro Kesejahteraan Rakyat serta sektor lain wajib bersama-sama berkomitmen memformulasikan solusi terkait IPP Jabar. Selain tentu saja pemuda Jabar, untuk melakukan perubahan positif secara gotong royong membangun daerah.

Baca Juga: DPRD Jabar Dukung Pembangunan Gedung Pencak Silat Demi Lestarikan Warisan Budaya

"Harus dibangun komunikasi positif secara menyeluruh dan komprehensif, tentunya Komisi V akan sangat mendukung upaya peningkatan IPP di Jawa Barat ini," ucapnya.***(yuliantono)

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

DPRD Jabar Dukung Pemekaran Tasikmalaya Selatan

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:35 WIB

Tingkatkan Kompetensi SDM, Setwan Jabar Gelar Rakor

Rabu, 22 Desember 2021 | 19:30 WIB
X