• Rabu, 26 Januari 2022

Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Jabar Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

- Rabu, 17 November 2021 | 17:56 WIB
Sekretaris KPP DPRD Jabar Cucu Sugyati (Humas DPRD Jabar)
Sekretaris KPP DPRD Jabar Cucu Sugyati (Humas DPRD Jabar)

INILAHKORAN, Bandung – Setiap memasuki musim hujan, Jabar selalu dihadapkan dalam kekhawatiran akan timbulnya bencana. Entah itu banjir ataupun longsor yang selalu langganan terjadi.

Belum lama ini, akibat curah hujan yang tinggi dan terus-menerus. Tanggul Sungai Cisunggalah yang berada di Kampung Babakan Sabagi, Desa Panyadapan, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung jebol dan merusak 10 rumah masyarakat sekitar.

Sekretaris Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Cucu Sugyati mengatakan, kejadian jebolnya tanggul selalu terjadi setiap tahun di desa tersebut kala musim hujan datang. Pihaknya mendorong agar masyarakat, untuk mulai peduli terhadap lingkungan agar peristiwa serupa tidak terulang.

Baca Juga: DPRD Jabar Dorong TV Desa Juara Bersinergi Dengan Program Desa Digital

Dia mengajak agar masyarakat dan stakeholder terkait, untuk mulai melakukan penghijauan lebih gencar, tidak buang sampah sembarangan, pengerukan dasar sungai supaya tidak terjadi pendangkalan, serta melakukan tindakan lain guna mengantisipasi agar bencana serupa tidak selalu setiap tahun.

"Tentunya kami menyerap aspirasi dari Pak Kades. Ini terjadi setiap tahun ketika musim hujan, tentunya ada persoalan yang harus diselesaikan. Pertama bagaimana kita melaksanakan penghijauan di gunung-gunung yang sebagai penyerapan air, yang kedua harus dilakukan pengerukan sehingga tidak menjadi penumpukan air," ujarnya.

"Tentunya bukan di wilayah sini saja, tapi di wilayah-wilayah lain kita mencoba menyelesaikan persoalan persoalan yang terkait tentang banjir dan tanggul jebol. Mulai dari sekarang kita harus menanam pohon keras di pegunungan untuk menyerap air, sehingga kedepan tidak kembali banjir," imbuhnya.

Baca Juga: Pelajari Perda Dana Cadangan, DPRD Jabar Datangi Jateng

Sementara kolega Cucu di KPP dan DPRD Jabar Nia Purnakania menambahkan, pihaknya akan berupaya melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dalam menanggulangi persoalan tersebut.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

DPRD Jabar Dukung Pemekaran Tasikmalaya Selatan

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:35 WIB

Tingkatkan Kompetensi SDM, Setwan Jabar Gelar Rakor

Rabu, 22 Desember 2021 | 19:30 WIB
X