• Selasa, 25 Januari 2022

DPRD Jabar Pastikan Pembangunan Jembatan Leuwigajah Selesai Tepat Waktu

- Sabtu, 20 November 2021 | 16:21 WIB
Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip meninjau Jembatan Leuwigajah
Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip meninjau Jembatan Leuwigajah

INILAHKORAN, Bandung – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Tetep Abdulatip memastikan, Jembatan Leuwigajah bakal rampung tepat waktu, kala meninjau progres pembangunan, Kamis lalu.

Pihaknya akan berupaya memastikan anggaran yang digelontorkan, dapat terserap dengan baik. Sehingga jembatan yang diproyeksikan untuk mengurangi kemacetan di kawasan tersebut, dapat selesai pada tahun ini.

"Jadi kita sebetulnya untuk melihat spot aja, memastikan anggaran yang tahun 2021 terkait pembangunan jembatan. Itu untuk mengurangi kemacetan di Leuwigajah itu, karena memang anggarannya itu dua kali anggaran periode 2020. Konstruksi dibawahnya, kemudian yang 2021 itu bangunan jembatan atasnya dan angka yang disediakannya sesungguhnya Rp8 miliar. Tapi kemudian lelang hanya Rp7 milyar. Jadi ada sisa lelang, kita memastikan aja bisa selesai tahun ini atau tidak,"  jelasnya.

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Jaswita Maksimalkan Aset

Dari hasil tinjauan, dia mengaku optimistis pembangunan jembatan akan selesai tepat waktu karena terlihat sudah hampir rampung. Dia berharap jembatan tersebut dapat segera difungsikan, guna mengurai volume kendaraan di Leuwigajah.

"Tadi dilihat, sepertinya sudah hampir selesai sehingga akhir tahun itu ya Insyaa Allah bisa dipakai, atau awal tahun bisa dipakai lancar dan bisa mengurangi kemacetan," ucapnya.

Kendati demikian, Tetep mengaku ada beberapa catatan evaluasi terhadap pembangunan jembatan tersebut, yaitu anggaran pendukung pengerjaan gorong-gorong dan kirmir. Dia menilai, seharusnya pekerjaan tersebut sudah masuk dalam proyek pembangunan jembatan dan tidak terpisah.

Baca Juga: Bahas RAPBD 2022, DPRD Jabar Minta Anggaran Operasional OPD Sudah Mutlak

"Ya evaluasinya memang kita sesungguhnya ada banyak kebutuhan, bukan hanya program yang anggarannya besar seperti itu. Tapi sesungguhnya ada penataan yang ringan kecil-kecil tidak termasuk yang dianggarkan, seperti misalnya gorong-gorong, kirmirnya. Padahal itu bisa selesai dengan angka yang hanya Rp100 juta atau Rp200 juta yang paling besar. Tapi itu tidak sempat dianggarkan," terangnya.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

DPRD Jabar Dukung Pemekaran Tasikmalaya Selatan

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:35 WIB

Tingkatkan Kompetensi SDM, Setwan Jabar Gelar Rakor

Rabu, 22 Desember 2021 | 19:30 WIB
X