• Kamis, 9 Desember 2021

Tiga Bidang Ini, Jabar-Chungcheongnam Sepakat Jalin Kerja Sama

- Jumat, 26 November 2021 | 17:23 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Jabar-Chungcheongnam secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (25/11/2021).  (Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Jabar-Chungcheongnam secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (25/11/2021). (Humas Pemprov Jabar)

INILAHKORAN, Bandung-Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama dengan Provinsi Chungcheongnam, Korea Selatan. Kerja sama itu meliputi tiga bidang, yaitu ekonomi, pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development), dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kerja sama dua provinsi tersebut tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (25/11/2021).

Ridwan Kamil berharap kerja sama tersebut dapat mendongkrak potensi ekonomi di Jabar, sehingga momentum untuk menjaga optimisme pemulihan ekonomi di tahun depan tetap terjaga.

Baca Juga: Komitmen Ridwan Kamil untuk Kemajuan Desa di Jabar

"Ini kita harapkan mengiringi 2022 sebagai tahun yang penuh optimisme," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menjelaskan latar belakang kerja sama tersebut. Pertama, MoU tersebut meneruskan dari kerja sama yang sudah dijalin antara Indonesia dan Korea Selatan.

Selain itu, Jabar dan Chungcheongnam juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki potensi di bidang pariwisata hingga industri kreatif.

Baca Juga: Ridwan Kamil Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM, Begini Caranya...

"Jadi ini adalah kerja sama yang sifatnya sudah lebih tinggi yaitu MoU dengan Provinsi Chungcheongnam. Provinsi ini adalah Jawa Baratnya Korea Selatan dia K-Pop-nya, ekonomi kreatifnya, industrinya termasuk yang terbesar," ucap Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Desa di Jabar Raih Anugerah Desa Wisata 2021

Rabu, 8 Desember 2021 | 21:06 WIB

Gempita Budaya Wujud Persaudaraan Jabar-Yogyakarta

Rabu, 8 Desember 2021 | 20:57 WIB

Jabar Masagi Siap Lahirkan Generasi Muda Berkarakter

Selasa, 7 Desember 2021 | 20:14 WIB

FAGI Jabar Meminta Walkot Bandung Segera Lantik CKS

Selasa, 7 Desember 2021 | 10:35 WIB

SMA dan SMK di Jabar Kini Bisa Pelajari Pencak Silat

Senin, 6 Desember 2021 | 15:30 WIB
X