• Senin, 24 Januari 2022

Jaga Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Urban Farming

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:19 WIB

 

INILAHKORAN, Bandung,- Urban farming atau pertanian perkotaan dapat menjadi salah satu cara efektif untuk memulihkan perekonomian sekaligus memenuhi kebutuhan pangan dalam skala rumah tangga saat maupun setelah pandemi COVID-19.

 

Sebagai upaya menggencarkan urban farming, Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah (KPED) Jabar menggagas Lomba Urban Farming untuk Ketahanan Pangan dan Ekonomi Keluarga.

 Baca Juga: Bangun Supply Chain Centre Jabar, Lembaga Keuangan dan Perbankan Siap Berkolaborasi

Ketua Harian KPED Jabar Ipong Witono mengatakan, urban farming menjadi salah satu hal krusial untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi dan perubahan iklim. Meski berskala mikro, urban farming dapat dilakukan secara paralel, masif, dan berkesinambungan, untuk mewujudkan ketahanan pangan.

 

"Mengapa dilombakan? Agar yang dilakukan teman-teman ini diapresiasi oleh kita semua, oleh lingkungan, supaya menjadi satu panduan untuk memanfaatkan pekarangan atau tempat-tempat yang bisa dijadikan sentra pangan di tingkat komunal," kata Ipong dalam acara penyerahan hadiah Lomba Urban Farming, Selasa (30/11/2021).

 

Ipong pun menuturkan bahwa urban farming dapat menjadi salah satu upaya untuk menghadirkan kemandirian masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dengan hal sederhana dan bermakna besar.

Halaman:

Editor: tantan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu Sesi 1

Senin, 24 Januari 2022 | 18:19 WIB

Kasus DBD di Jabar Tahun 2021 Mengalami Penurunan

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:45 WIB
X