• Selasa, 25 Januari 2022

Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat Diresmikan

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:13 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi monumen yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan melawan pandemi COVID-19 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung, Rabu (10/11/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi monumen yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan melawan pandemi COVID-19 di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung, Rabu (10/11/2021). (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)

INILAHKORAN, Bandung- Pemda Provinsi Jawa Barat akan meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat di Jalan Japati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021). Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin direncanakan hadir dalam momen penting itu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah mengajukan permohonan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin untuk meresmikan monumen sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang COVID — 19.

"Besok 4 Desember 2021 kita akan meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat sebagai simbol semangat bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang menghargai pahlawan-pahlawannya. Salah satunya adalah pahlawan saat pandemi COVID-19," ujar Ridwan Kamil saat meninjau monumen, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Sowan ke Gus Miftah, Ridwan Kamil Konsultasi Pesantren Lansia di Jabar

"Ada yang bertanya kenapa pada saat COVID-19 mengerjakan ini, saya sampaikan bangunan ini sudah selesai dianggarkan sebelum pandemi COVID-19 datang di 2020," katanya melanjutkan.

Ridwan Kamil menuturkan, pembangunan dilakukan di kawasan Monumen Perjuangan Jawa Barat untuk renovasi dan sebagai upaya memperindah. Tapi seiring pandemi, Pemda Provinsi Jabar memberikan nilai tambah di ruang publik untuk didedikasikan kepada yang pahlawan COVID-19.

"Jadi ini merupakan bagian dari rencana masterplan revitalisasi Gasibu sampai Monju. Jadi bukan kegiatan yang berdiri sendiri tapi ini masterplan yang kita cicil. Tadinya mau sekaligus tapi karena keterbatasan anggaran, tentunya kita hadir secukupnya seperti ini. Jadi ini bukan hal baru, ini adalah sebagian dari rencana jangka panjang," tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Program JFLS Dorong Indonesia Jadi Negara Adidaya 2045

Salah satu bentuk revitalisasinya, kata Ridwan Kamil, adalah renovasi monumen. Dapat dikatakan revitalisasi tidak memerlukan izin mendirikan bangunan. Kemudian revitalisasi ini pun dari sisi anggaran tidak ada duplikasi anggaran.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu Sesi 1

Senin, 24 Januari 2022 | 18:19 WIB

Kasus DBD di Jabar Tahun 2021 Mengalami Penurunan

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:45 WIB
X