Jabar Berkomitmen Hadirkan Keadilan bagi Penyandang Disabilitas

Peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dijadikan momentum menciptakan keadilan penyandang disabilitas

 Jabar Berkomitmen Hadirkan Keadilan bagi Penyandang Disabilitas
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 tingkat Jabar di Gedung Youth Center Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (3/12/2021). (Foto: Pipin Sauri/Biro Adpim Jabar)

INILAHKORAN, Bandung-Peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dijadikan momentum untuk terus berkomitmen menciptakan rasa adil bagi semua penyandang disabilitas.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, keadilan dalam berkegiatan, berkarier, sampai berolahraga harus dirasakan oleh semua masyarakat, tidak terkecuali penyandang disabilitas.

"Tugas kita sebagai pemimpin memberi rasa keadilan kepada seluruh masyarakat Jabar," kata Ridwan Kamil saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 tingkat Jabar di Gedung Youth Center Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Hari Disabilitas Internasional, Ini Harapan Kepala SLBN Cicendo Bandung

Kang Emil menyebut, ciri daerah yang bisa disebut adil adalah daerah yang aman dan nyaman bagi anak-anak, perempuan, dan penyandang disabilitas.

"Dan tugas kami mengadilkan sistem, tapi kalau mereka belum merasa nyaman, takut, artinya hidup kita masih banyak yang perlu diperbaiki," tutur Kang Emil.

Salah satu bentuk keadilan yang dihadirkan Pemda Provinsi Jabar kepada penyandang disabilitas yaitu tidak dibedakannya kadeudeuh atau bonus bagi para atlet berprestasi di ajang Peparnas XVI Papua.

Baca Juga: Bocah Disabilitas di Sukabumi Jadi Korban Penganiayaan, Kuku Kaki Dilucuti, Mulut Disundut Rokok

Dalam kesempatan itu, Kang Emil menyerahkan bonus Rp300 juta kepada atlet peraih medali emas, Rp125 juta peraih perak, dan Rp60 juta peraih perunggu. Besaran bonus tersebut sama dengan yang diterima atlet PON.

"Di zaman saya semua sama, mereka membawa nama baik bendera Jabar, maka bonusnya pun saya samakan dengan PON," katanya.

Kepada penyandang disabilitas bukan atlet, Kang Emil juga terus memberikan dorongan semangat. Ia menyebut, salah seorang penyandang disabilitas yang bisa dijadikan inspirasi adalah Doktor Elon asal Kabupaten Kuningan.

Baca Juga: Alumni AKABRI 89 Gelar Vaksinasi Warga Disabilitas se-Jabar

ASN penyandang tunanetra tersebut sekarang sedang berkompetisi untuk menjadi Kepala Dinas di Pemkab Kuningan. Kang Emil sendiri pernah menganugerahinya sebagai ASN Terbaik Tingkat Jabar 2019 silam.

"Kalau secara adil dia terpilih itu menjadi sebuah kebanggaan bahwa penyandang disabilitas bisa bersaing. Bersemangatlah jadikan Pak Elon inspirasi," ucapnya.

Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional tingkat Jabar, Kang Emil pun mengucapkan selamat dengan menggunakan bahasa isyarat.

Baca Juga: Innalillahi...Remaja Disabilitas Jadi Korban Meninggal Kebakaran di Paringin

"Saya ucapkan juga selamat Hari Disabiitas Internasional. I love you untuk semuanya," tutur Kang Emil.***


Editor : inilahkoran