• Rabu, 19 Januari 2022

Gempita Budaya Wujud Persaudaraan Jabar-Yogyakarta

- Rabu, 8 Desember 2021 | 20:57 WIB
Gempita Budaya (Gelar Muhibah Pikat Amerta Budaya) di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (7/12/2021) malam. (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)
Gempita Budaya (Gelar Muhibah Pikat Amerta Budaya) di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (7/12/2021) malam. (Foto: Yogi Prayoga S/Biro Adpim Jabar)

INILAHKORAN- Gempita Budaya (Gelar Muhibah Pikat Amerta Budaya) menjadi bukti bahwa hubungan Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Daerah Istimewa Yogyakarta semakin erat dan hangat.

Acara yang berlangsung di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (7/12/2021) malam, itu menampilkan tarian Bedhaya Sapta dan Beksan Menak Kakung Umarmaya-Umarmadi.

Bedhaya Sapta yang merupakan tarian Yasan Dalem (karya) Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan ditarikan oleh tujuh penari perempuan ini memiliki akhir cerita terjalinnya hubungan antara utusan Mataram dan tlatah Pasundan.

Baca Juga: Sejarah! Tarian Bedhaya Sapta Kali Pertama Tampil di Luar Keraton dan Yogyakarta

Sedangkan, Beksan Menak Kakung Umarmaya-Umarmadi merupakan tarian Yasan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang memiliki gerak tari yang terinspirasi dari Wayang Golek.

“Tadi ada tarian-tarian yang inspirasinya dari serat Pasundan dari kitab Pasundan, dan juga tarian yang datang inspirasinya dari Wayang Golek, sehingga menandakan betapa dalamnya hubungan antara Jabar dan Jawa ini secara sejarah,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Saya sangat berbahagia malam ini, di tengah suasana yang hening dan khidmat ini terjalin hubungan yang makin erat makin luar biasa antara Provinsi Jabar dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” imbuhnya.

Baca Juga: Keraton Yogyakarta Tampilkan Bedhaya Sapta di Gempita Budaya Jawa Barat-Yogyakarta

Selain itu, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa pohon yang berada di Alun-alun Utara Yogyakarta bibitnya berasal dari Jabar. Hal itu memperlihatkan bahwa persahabatan Jabar-Yogyakarta sudah terjalin sejak dulu.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

FAGI Jabar Sesalkan Penganiayaan SIswa SMK di Ciamis

Kamis, 13 Januari 2022 | 19:59 WIB
X