• Jumat, 1 Juli 2022

Tangkal Korupsi Sejak Dini, Disdik Jabar Terapkan Pendidikan Anti Korupsi

- Kamis, 16 Desember 2021 | 14:18 WIB
Kadisdik Jabar Dedi Supandi memastikan siswa dan siswi di Jabar takkan dapat libur natal 2021 imbas PPKM Level 3. (dok inilahkoran)
Kadisdik Jabar Dedi Supandi memastikan siswa dan siswi di Jabar takkan dapat libur natal 2021 imbas PPKM Level 3. (dok inilahkoran)

INILAHKORAN, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) memiliki terobosan untuk menanamkan pendidikan anti korupsi sejak dini. Hal ini, menyusul hadirnya penanaman nilai anti korupsi di persekolahan.

Adapun penamanan nilai anti korupsi tersebut dilakukan melalui insersi Pendidikan Antikorupsi (PAk) dalam proses pembelajaran. Khususnya, pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan melalui pembiasaan karakter baik di lingkungan sekolah dengan menanamkan nilai-nilai karakter kearifan lokal Jabar Masagi.

Hal ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan sekolah berintegritas melalui Peraturan Gubernur Nomor 60 Tahun 2019 tentang Pendidikan Antikorupsi pada satuan pendidikan yang menjadi kewenangan daerah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Disdik Jabar Lantik 479 Kepala SMA, SMK dan SLB, Kadisdik Sebut Jabar Sudah Patuhi Permendikbud

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, penanaman nilai-nilai antikorupsi menjadi lebih efektif apabila dilakukan sejak dini, baik melalui pendidikan informal (keluarga), formal (persekolahan), dan nonformal (masyarakat).

"Pendidikan antikorupsi yang insersikan pada pembelajaran PPKn dilaksanakan di satuan pendidikan tingkat SMK, SMA, dan SLB secara berkelanjutan, ditekankan pada pembentukan sikap dan perilaku tanpa meninggalkan pengetahuan, dan keterampilan, serta pengembangan keteladanan antikorupsi," papar Dedi Supandi, Kamis 16 Desember 2021.

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan panduan untuk menyusun bahan ajar yang menginsersikan materi pendidikan antikorupsi dalam mata pelajaran PPKn di tingkat SMA, SMK dan SLB dan pembiasaan karakter kearifan lokal program Jabar Masagi.

Baca Juga: Mantapkan Langkah Hadapi Ekonomi Digital, Disdik Jabar Akan Terapkan Kurikulum Ekonomi Digital di 206 SMK

"Melalui penyusunan modul ajar yang melibatkan seluruh guru PPKn yang tergabung dalam MGMP PPKn SMA, SMAK dan SLB di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat," katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X