• Selasa, 24 Mei 2022

Cari Lowongan Kerja di Luar Negeri? Calon Pekerja Migran Asal Jabar Bisa Akses JMSC

- Selasa, 21 Desember 2021 | 17:35 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi JMSC yang akan memudahkan untuk mencari lowongan kerja di luar negeri, Selasa 21 Desember 2021. (Rianto Nurdiansyah)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi JMSC yang akan memudahkan untuk mencari lowongan kerja di luar negeri, Selasa 21 Desember 2021. (Rianto Nurdiansyah)

INILAHKORAN, Bandung - Pemprov Jabar mengoptimalkan pelayanan kebutuhan calon pekerja migran. Aplikasi JMSC memudahkan untuk mencari lowongan kerja di luar negeri.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, aplikasi Jabar Migrant Service Center atau JMSC menghadirkan berbagai informasi. Mulai dari informasi lowongan kerja di luar negeri, data pekerja migran yang berbasis desa, hingga pelatihan dan informasi kebutuhan pekerja migran yang dibutuhkan pengguna di luar negeri.

Dia mengklaim, JMSC merupakan layanan paling lengkap bagi pekerja migran yang diampu pemerintahan provinsi. Menurutnya, saat ini sejumlah lowongan kerja di luar negeri relatif lebih beragam. Artinya, pekerja migran kini tak hanya menjadi perawat, pembantu rumah tangga, dan pengurus lansia aja.

Baca Juga: Hati-hati Calo Pekerja Migran, Rawan Jadi Korban Kerja Paksa hingga Perdagangan Orang

“Sekarang, ada kebutuhan lowongan kerja di luar negeri yang fokus di bidang 4.0. Ada web develover, web designer, desainer grafis, dan lain-lain,” kata Ridwan Kamil saat peluncruan JMSC di Gedung Sate, Selasa 21 Desember 2021.

Dia menuturkan, saat ini pekerjaan tidak lagi mengenal batas negara. Semua penduduk yang memiliki kemampuan, terutama Bahasa Inggris bisa mengakses peluang dan lowongan kerja di luar negeri. Melalui aplikasi JMSC, kata dia, warga Jabar yang mencari lowongan kerja di luar negeri bisa mendapatkan informasi valid.

“Mudah-mudahan JMSC ini disambut dengan baik bahwa menaklukan dunia bisa dilakukan dengan pekerjaan kita,” tambahnya.

Baca Juga: Di Gunungjati, Polisi Cirebon Kota Ringkus Wanita Perekrut Pekerja Migran Ilegal

Kehadiran JMSC diakuinya menjadikan informasi lowongan kerja di luar negeri lebih sistematis. JMSC juga memfasilitasi pengaduan hingga navigasi tempat pelatihan yang bisa diakses para calon pekerja.

“Selama ini proses komunikasi dari mana info pekerjaan itu dari mulut ke mulut, tidak sistematis, ada komplain juga dari mulut ke mulut, tidak sistematis sekarang dengan adanya aplikasi ini dari mulai apa lowongan pekerjaan di negara mana dan kemudian saya latihan skill nya dimana mengurus paspor administrasinya gimana. Semua ngumpul di satu aplikasi,” tuturnya.

Ridwan Kamil memastikan JMSC merupakan inovasi yang menggabungkan layanan informasi sekaligus perlindungan bagi para pekerja migran di luar negeri juga calon pekerja yang tengah mencari peluang.

Baca Juga: Duh, BP2MI Sebut Ada 4,7 Juta Pekerja Migran jadi Korban Sindikat, Nyatakan Perang Terhadap Sindikat

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Jabar Ajak Waspadai Masalah Kesehatan

Senin, 23 Mei 2022 | 19:10 WIB
X