• Jumat, 20 Mei 2022

DPRD Jabar Minta Diskominfo Tindaklanjuti Proses Peralihan Siaran Analog ke Digital

- Jumat, 24 Desember 2021 | 14:19 WIB
DPRD Jabar meminta Diskominfo menindaklanjuti proses peralihan siaran analog ke digital. (Humas DPRD Jabar)
DPRD Jabar meminta Diskominfo menindaklanjuti proses peralihan siaran analog ke digital. (Humas DPRD Jabar)

INILAHKORAN, Bandung – Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman meminta Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) menindaklanjuti proses peralihan siaran analog ke digital.

Dia mengatakan, jangan sampai masyarakat Jabar tidak dapat menerima manfaat dari program peralihan siaran analog ke digital tersebut. Bahkan, khusus untuk itu DPRD Jabar akan melakukan pendalaman.

Dalam waktu dekat, rombongan DPRD Jabar menjalani kunjungan kerja ke Diskominfo Provinsi Bali. Tujuannya, guna menggali persiapan jelang Analog Switch Off (ASO) atau peralihan siaran analog ke digital.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi SDM, Setwan Jabar Gelar Rakor

"Diskominfo harus lebih proaktif komunikasinya dengan pemerintah pusat, akan lebih akurat lagi dengan pemerintahan desa tentang program ini. Sehingga manfaatnya lebih menyeluruh. Kami ingin mengetahui sejauh mana persiapannya mulai dari teknologinya, regulasi hingga hilirisasinya yang harus disikapi daerah," ujar Bedi, belum lama ini.

Lantaran kondisi geografis Bali tidak jauh berbeda dengan Jabar, diharapkan kunjungan kerja itu dapat memberikan solusi terhadap kematangan persiapan peralihan. Bedi berharap, dengan peralihan siaran dari analog ke digital dapat memberi manfaat besar bagi dunia penyiaran.

Baca Juga: Perkuat Kesadaran Masyarakat, DPRD Jabar Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Selain itu, peralihan siaran dari analog ke digital pun diharapkan mampu mengangkat perekonomian di daerah, melalui stasiun televisi lokal dan kreator konten, dengan menyajikan siaran mengenai kebudayaan yang dapat menjadi unggulan.

"Khusus di Provinsi Bali, kita dapat mengaplikasikannya di Jabar. Terutama di daerah Jabar selatan yang memang untuk infrastrukturnya cocok dengan menggunakan single tower," ucapnya. (Yuliantono)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Legislator Jabar Dorong Anggaran Rutilahu Ditambah

Selasa, 1 Maret 2022 | 10:46 WIB

DPRD Jabar Pantau Pembangunan Terminal Ciledug

Kamis, 24 Februari 2022 | 11:00 WIB
X