• Selasa, 18 Januari 2022

Jabar Sudah Lakukan Vaksinasi Booster Akhir Tahun Lalu

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:46 WIB
Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Jawa Barat Dedi Supandi mengaku vaksinasi booster gratis atau dosis ketiga untuk masyarakat Jawa Barat telah dimulai sejak akhir tahun lalu. (foto: Okky Adiana)
Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Jawa Barat Dedi Supandi mengaku vaksinasi booster gratis atau dosis ketiga untuk masyarakat Jawa Barat telah dimulai sejak akhir tahun lalu. (foto: Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Vaksinasi booster gratis atau dosis ketiga untuk masyarakat Jawa Barat telah dimulai sejak akhir tahun lalu.

Diketahui, Presiden Joko Widodo sendiri memastikan vaksinasi booster akan diberikan gratis alias tanpa pungutan biaya dimulai pada Rabu 12 Januari 2021.  Sementara di Jawa Barat, vaksinasi booster telah dilaksanakan pada 27 Desember 2021.

Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, pihaknya menyelenggarakan vaksinasi booster mengingat capaian vaksin dosis pertama dan kedua di Jawa Barat telah berjalan dengan baik.

Baca Juga: Pemprov Jabar- BNPT Sepakat Cegah Aksi Terorisme dan Faham Deradikalisasi

"Vaksin dosis pertama sudah 70 persen, sekitar 79 persen.  Terus vaksin dosis kedua kita sudah di atas rata-rata, dan per hari ini walaupun booster sudah diberlakukan oleh Presiden, tapi kita sudah berjalan dari 27 Desember 2021," ujar Dedi Supandi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu 12 Januari 2022.

Selain itu, Dedi menyampaikan, saat itu pihaknya mengajukan surat kaitan dengan vaksinasi yang akan terancam kedaluarsa. Di mana ada 184 ribu dosis vaksin yang akan kadaluarsa di akhir Januari 2022.

"Dan per kemarin, vaksin yang 184 ribu itu sudah tuntas semua," ucapnya.

Dedi memastikan, Jabar siap melaksanakan vaksinasi dosis ketiga atau booster ini. Mengingat pihaknya mencatat masih ada lebih dari 1 juta dosis vaksin jenis Sinovac, sekitar 59 ribu dosis Astrazeneca dan sekitar 79 ribu jenis Pfizer yang belum kadalurasa. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk vaksinasi booster untuk masyarakat.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Anak, Kapolda Jabar Imbau 'Ulah Sieun' Divaksin

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

FAGI Jabar Sesalkan Penganiayaan SIswa SMK di Ciamis

Kamis, 13 Januari 2022 | 19:59 WIB
X