Kasus Omicron Meningkat, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Jabar Tunda ke Luar Negeri

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat menunda untuk berwisata ke luar negeri karena kasus Covid-19 varian Omicron meningkat.

Kasus Omicron Meningkat, Ridwan Kamil Minta  Masyarakat Jabar Tunda ke Luar Negeri
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat Jawa Barat menunda kepergian ke luar negeri karena kasus Omicron tengah meningkat di berbagai negara.

 

INILAHKORAN, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyoroti kasus Covid-19 varian Omicron yang meningkat di berbagai negara. 

Ridwan Kamil pun mengimbau agar masyarakat kalangan atas dapat menahan diri tidak berkunjung atau wisata ke luar negeri lantaran ganasnya varian baru Covid-19 Omicron.

Kang Emil sapaan karib Ridwan Kamil pun menyebutkan jangan sampai yang niatnya liburan namun pulang membawa virus ke Indonesia. Hal itu dapat menjadi masalah kepada upaya pengendalian Covid-19 yang sejauh ini telah berjalan dengan baik.

"Ikuti imbauan Pak Presiden, hindari dulu ke luar negeri termasuk yang berwisata, terutama bagi kelompok menengah atas. Karena di luar indonesia Omicron luar biasa,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu 12 Januari 2022.

Baca Juga: Omicron Masuk Jabar, Bima Arya Instruksikan Kewilayahan Pantau Pendatang

Diketahui, pada awal 2022 tercatat 20 orang warga ber-KTP Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron setelah menjalani perjalanan dari luar negeri.

Berselang sepekan, diketahui ada warga Kabupaten Bandung yang terkonfirmasi virus varian serupa setelah menuntaskan perjalanan dari Afrika. Hal itu diketahui setelah mereka menjalani karantina 14 hari, dan saat isolasi di rumah, ada gejala covid-19 hingga akhirnya dikarantina di Rumah Sakit Al-Ihsan.

Informasi terbaru, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa terdapat transmisi virus lokal kepada empat orang. Artinya, ada delapan orang warga Kabupaten Bandung yang terkonfirmasi positif Covid-19 diduga varian Omicron.

Baca Juga: Empat Warga Kabupaten Bandung Terpapar varian Omicron, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

"8 (orang yang positif diduga omicron) itu (total) dari (transmisi) lokal empat (warga kabupaten Bandung) kemarin,” ujar Ridwan

Ridwan Kamil mengatakan saat ini kepastian untuk memilah jenis varian Covid-19 dari pengetesan tidak sederhana. Saat ini pemerintah sedang menyiapkan teknologi baru dari Kemenkes. Hal ini agar pengetesan PCR dilakukan bisa lebih ekstra.

“Belum terpilah secara jelas, karena Omicron dan Delta masih cari ilmunya, membedakannya gak sederhana," katanya. *** (Rianto Nurdiansyah)


Editor : inilahkoran