• Selasa, 18 Januari 2022

FAGI Jabar Sesalkan Penganiayaan SIswa SMK di Ciamis

- Kamis, 13 Januari 2022 | 19:59 WIB
Ketua FAGI Jabar, Iwan Hermawan menyesalkan penganiyaan yang terjadi terhadap siswa SMK di Ciamis saat kegiatan ekstrakurikuler  Pramuka. (Oky Adiana)
Ketua FAGI Jabar, Iwan Hermawan menyesalkan penganiyaan yang terjadi terhadap siswa SMK di Ciamis saat kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. (Oky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan menyesalkan tindakan dugaan penganiayaan terhadap siswa SMK Negeri 1 Ciamis dalam kegiatan ektrakurikuler Pramuka.

Dilingkungan sekolah, menurut FAGI Jabar para siswa wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh orang dewasa, guru, sesama siswa dan pelatih.

"Itu saya kira dilindungi oleh Undang-undang 35 tahun 2014. Kalau seandainya melakukan penganiayaan kepada anak-anak, artinya, melakukan penganiyaan, maka orang itu akan terkena pidana berdasarkan undang-undang perlindungan anak," ucap Iwan Hermawan.

Baca Juga: Disdik Jabar Dukung Rencana Kemendikbudristek Terapkan Kurikulum Prototipe

Menurut dia, tidak ada alasan mereka melakukan latihan, apalagi seandainya ada pemukulan terhadap peserta didik. Mereka itu, masih termasuk anak-anak atau tingkat SMA/SMK.

"Bahwa apapun, kita tidak mentolelir siapapun yang melakukan tidakan tersebut," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan dugaan penganiyaan itu terjadi saat korban mengikuti kegiatan paskat atau pasukan tongkat yang tengah melatih kemampuan baris berbaris menggunakan tongkat.

"Yang disayangkan memang kejadian tindakan kekerasan ini berdampak ada tiga orang yang masuk rumah sakit. Yang dua orang sudah keluar rumah sakit dan siap sekolah lagi. Sedangkan yang satu belum," katanya. (Okky Adiana)

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPP Gelar Baksos Peduli Lansia

Senin, 17 Januari 2022 | 10:47 WIB

KPP Jabar Lantik Pengurus KPP Sumedang

Senin, 17 Januari 2022 | 10:34 WIB

FAGI Jabar Sesalkan Penganiayaan SIswa SMK di Ciamis

Kamis, 13 Januari 2022 | 19:59 WIB
X