Legislator Jabar Harap Hadirnya RTRWP Mengakomodir PSN

Seiring dengan adanya Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap, salah satunya pembangunan Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Legislator Jabar Harap Hadirnya RTRWP Mengakomodir PSN
etua Panitia Khusus (Pansus) VI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Hasbullah Rahmat

INILAHKORAN, Bandung – Seiring dengan adanya Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap, salah satunya pembangunan Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Hadirnya Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP), diharapkan Ketua Panitia Khusus (Pansus) VI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Hasbullah Rahmat dapat mengakomodir kebutuhan dalam pengembangannya.

Hasbullah mengatakan, RTRWP dapat menjadi rujukan kabupaten dan kota dan menjaga keseimbangan lingkungan, akan dampak dari pengembangan PSN. Adanya mega proyek PSN tersebut kata dia, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta membantu pertumbuhan ekonomi secara merata karena mobilitas transportasi bertambah.

Baca Juga: Sinopsis Film Alvin and the Chipmunks: The Road Chip Tayang Malam Ini di Bioskop TransTV

"Kita harap juga KCIC cepat selesai, jangan sampai molor lama lagi. Karena KCIC akan membuat daerah baru dan itu bisa menjadi tambahan untuk PAD Jawa Barat dan  kita harus bangun infrastruktur yang dapat menyambungkan ke daerah baru tersebut, agar dapat terkoneksi langsung dengan daerah tersebut,” ujarnya belum lama ini.

Dia juga meminta agar pemerintah kabupaten dan kota dapat mengupayakan ruang terbuka hijau (RTH) lebih banyak, sesuai regulasi yang berlaku khususnya wilayah yang berada dalam PSN. Kemudian pihaknya akan mendorong agar lahan persawahan tetap dipertahankan dan menerima subsidi secara berkala, supaya penggarapannya konsisten.

“Setelah kita turun ke lapangan, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) persis sama dengan data yang ada di Pemerintah Jawa Barat dan kementerian. Pansus ini bertujuan, agar sawah teknis itu dapat subsidi dan keberadaannya harus dipertahankan,” ucapnya.

Baca Juga: Sinopsis Film Alvin and the Chipmunks: The Road Chip Tayang Malam Ini di Bioskop TransTV

Sementara mengenai bencana banjir yang kerap terjadi di wilayah Jawa Barat, Hasbullah mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah dalam penanganan dan solusinya. Dia juga meminta kepada pemerintah daerah, agar saling bantu dalam penanganan banjir di daerah perbatasan.

"Untuk penanggulangan banjir kita akan kerajsama dengan beberapa kota atau daerah yang ada di perbatasan, agar banjir ini bisa ditanggulangi,” jelasnya. (Yuliantono)***

 


Editor : inilahkoran