• Senin, 23 Mei 2022

Relatif Potensial, Ridwan Kamil Sebut Sektor Ekonomi Kreatif Jabar Serap 3,8 Juta Tenaga Kerja

- Minggu, 16 Januari 2022 | 16:29 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat membuka pameran karya seni pelaku ekonomi kreatif Jabar bertajuk JabArt Space 2 di IKEA Kota Baru Parahyangan. (Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat membuka pameran karya seni pelaku ekonomi kreatif Jabar bertajuk JabArt Space 2 di IKEA Kota Baru Parahyangan. (Humas Pemprov Jabar)

INILAHKORAN, Bandung - Ridwan Kamil mengatakan, sejauh ini ekspor ekonomi kreatif Jabar masih berpersentase tertinggi. Bahkan, sektor itu mampu menyerap 3,8 juta tenaga kerja.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan, ekspor ekonomi kreatif Jabar saat ini terhitung sebesar 31,95 persen dengan nilai mencapai US$6,4 juta. Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jabar menyebut, provinsi dengan populasi hampir 50 juta ini memiliki potensi ekonomi kreatif sangat besar hingga mampu menyumbang PDB ekonomi kreatif nasional sebesar 20,73 persen.

"Jumlah tenaga kerja yang terserap dari sektor ekonomi kreatif Jabar saja sebanyak 3,8 juta orang," ujar Ridwan Kamil saat membuka pameran karya seni pelaku ekonomi kreatif Jabar bertajuk JabArt Space 2 di IKEA Kota Baru Parahyangan, Sabtu 15 Januari 2022.

Baca Juga: BUMD Jaswita Jabar Kelola Pondok Seni Pangandaran sebagai Optimalisasi Pendayagunaan dan Pemanfaatan Aset

Pada pameran yang berlangsung selama sebulan ke depan itu menampilkan karya pelaku ekonomi kreatif Jabar dengan inspirasi desain berbasis tradisi provinsi Nusa Tenggara Timur yang sudah dikurasi desainer ternama Adhi Nugraha.

Ridwan Kamil menuturkan, kolaborasi dengan NTT merupakan bentuk pelestarian budaya melalui sebuah karya produk seni. JabArt Space 2 juga diharapkan menginspirasi dan menjadi sarana meningkatkan kemampuan berinovasi pelaku ekraf Jabar.

"Inilah wajah Indonesia yang kreatif, Bhinneka Tunggal Ika yang tak hanya sekadar slogan, melainkan diterjemahkan juga dalam karya seni kolaborasi," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Operasi Pasar Minyak Goreng Tepat Sasaran

JabArt Space 2 menampilkan karya seni tradisi NTT yang dituangkan kedalam sejumlah produk di antaranya fesyen, peralatan makan dan minum, elektronik, mebel, hingga sepeda. Ada pula karya-karya kreatif yang didatangkan langsung dari NTT. Semua produk tersebut bisa dibeli oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X