• Senin, 4 Juli 2022

Ridwan Kamil Cocok Pimpin IKN? Begini Pandangan Ahli Perencanaan Kota Bernadus Djonoputro

- Minggu, 23 Januari 2022 | 14:45 WIB
Ridwan Kamil dianggap layak menjadi Kepala IKN (Ibu Kota Negara). (Humas Pemprov Jabar)
Ridwan Kamil dianggap layak menjadi Kepala IKN (Ibu Kota Negara). (Humas Pemprov Jabar)

INILAHKORAN, Bandung- Ridwan Kamil digadang-gadang bakal jadi Kepala Ibu Kota Negara (IKN). Begini pandangan ahli perencanaan kota, Bernadus Djonoputro.

Bernardus Djonoputro menganalisa ungkapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin mengangkat seorang kepala daerah berlatar belakang arsitek sebagai Kepala IKN. Benarkah mengarah ke Ridwan Kamil?

"Saya kira dari profil yang harus ada lebih dari sekedar arsitek. Yang bisa disebut arsitek itu apa? Yang pertama ia berpengalaman dan mampu menerjemahkan perencanaan makro ke dalam desain mikro. Jadi pengalaman sebagai birokrat, bekerja dengan developer, dan (pernah) bekerja secara swasta penting sekali," kata Bernadus Djonoputro.

Baca Juga: Almarhum Syekh Ali Jaber: Baca Doa Ini, Maka 37.000 Malaikat Berebut Ingin Mencatat Pahalanya

Menurut dia, andai kepala daerah berlatar belakang arsitek yang dipilih memimpin IKN, maka harus memiliki jaringan global.

Pemindahan IKN ke Kalimantan Timur dinilai Bernie menjadikan Indonesia negara yang merencanakan ibukotanya pindah ke jantung khatulistiwa.

"Dia menjadi perhatian dunia karena membangunnya di Kalimantan. Jadi network internasional dan pengalaman bekerja dengan investor internasional menjadi sangat penting," ujarnya.

Baca Juga: UFC 270: Francis Ngannou Pertahankan Sabuk Juara Kelas Berat Usai Kalahkan Ciryl Gane

Adapun hal yang ketiga, menurut dia, Kepala IKN selain arsitek harus mampu mengurai masalah sosial politik warga yang kompleks.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X