• Jumat, 20 Mei 2022

Cerita Pilu Pelajar Sukabumi, Tiap Hari Sekolah di Bawah Ancaman Buaya Sungai Cikaso

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:13 WIB
Beginilah jalur yang harus ditempuh pelajar SD Ciloma di Sukabumi, mereka sekolah menggunakan perahu di bawah ancaman buaya.
Beginilah jalur yang harus ditempuh pelajar SD Ciloma di Sukabumi, mereka sekolah menggunakan perahu di bawah ancaman buaya.



INILAHKORAN, Sukabumi - Ini cerita nestapa dari puluhan siswa SDN Ciloma di Kabupaten Sukabumi. Tiap hari berangkat dan pulang sekolah, hidup mereka terancam buaya ganas.

Tidak mudah bagi 70 murid SDN Ciloma untuk belajar di sekolah. Setiap hari mereka harus menumpang perahu kayu yang lewat untuk pulang dan pergi ke sekolah.

Sungai Cikaso adalah satu-satunya akses menuju sekolah yang berlokasi di kampung Ciloma, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Tak hanya jarak dan akses menuju sekolah yang menjadi hambatan, habibat buaya di wilayah sungai juga menjadi ancaman tersendiri bagi murid-murid sekolah yang tiap hari harus berangkat menyeberangi sungai tersebut.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Marwan Hamami Sayangkan Banyak Sampah di Objek Wisata Pantai Selatan

Kordinator operasional Jabar Quick Respons (JQR), Irvan Hilmy mengatakan, sekolah ini terletak di pinggir Sungai Cikaso ke arah muara laut kidul. Perjanan dari dermaga Cikaso sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan perahu mesin atau sampan.

Sedangkan para siswa siswi yang bersekolah di SD Ciloma mayoritas menyeberang Sungai Cikaso pulang pergi dikarenakan letak sekolah SD Ciloma berseberangan dengan tempat tinggal mereka.

“Sekolah sendiri belum memiliki alat transportasi (perahu) sehingga murid harus menunggu perahu lain yang melintas dan memiliki tujuan yang sama," katanya.

Baca Juga: Pandeglang Kembali Bergoyang, Ternyata Gempa dari Sukabumi

Dia sebutkan, tidak jarang siswa pun sering kesiangan. Siswa yang berasal dari Desa Sumberjaya yang lokasinya di seberang sekolah pun juga harus menyebrang menggunakan perahu warga.

Irvan melanjutkan, masyarakat di sekitar SDN Ciloma mayoritas berprofesi petani dan sebagian penyadap gula merah. Di waktu tertentu musim ikan masyarakat memanfaatkan sumber daya sungai untuk menangkap ikan, udang, dan impun untuk dikonsumsi dan sebagian di jual untuk kebutuhan sehari-hari. (okky adiana)

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X