• Jumat, 20 Mei 2022

Omicron Melonjak, Sekolah Tetap PTM Atau Kembali PJJ? Ini Kata Pengamat Pendidikan Jawa Barat

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:20 WIB
Dan Satriana, pengamat pendidikan Jawa Barat bicara soal PTM di tengah meningkatnya varian Omicron
Dan Satriana, pengamat pendidikan Jawa Barat bicara soal PTM di tengah meningkatnya varian Omicron

INILAHKORAN, Bandung - Varian Omicron Covid-19 sedang mengalami kenaikan. Bagaimana dengan PTM, apakah tetap dilakukan atau kembali lagi PJJ?

Melihat fenomena itu, Pengamat Pendidikan Dan Satriana angkat bicara. Menurut dia, sesuai dengan pertimbangan dari SKB 4 menteri, yang menjadikan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan sebagai prioritas utama, yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran di masa pandemi.

Maka, pemerintah daerah maupun orang tua harus diberikan ruang untuk mengambil kebijakan, termasuk kebijakan pembelajaran berdasarkan perkembangan kasus varian Omicron Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Termasuk juga, mengambil kebijakan atau memilih pembelajaran melalui luring maupun daring selama didasari data dan pertimbangan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan.

Baca Juga: Cegah Klaster PTM, Kota Bandung Segera Lakukan Swab Acak

"Menurut saya, kekhawatiran terhadap ketinggalan mutu pelajaran dan kemunduran kesiapan belajar tidak semata-mata diselesaikan dengan PTM. Permasalahan tersebut dapat diatasi apabila pemerintah terus menerus memperbaiki materi dan proses pengajaran jarak jauh berdasarkan evaluasi penyelenggaraan PJJ selama hampir 2 tahun ini," ujar Dan Satriana, Senin 24 Januari 2022.

Selain itu, kata Dan Satriana, hal lain, adalah optimalisasi peran dan tugas Satgas Covid-19 di sekolah. Berdasarkan pengamatan selama pandemi kemarin, penerapan prokes di sebagian sekolah masih belum terstandar dan konsisten.

Sekolah bertanggung jawab untuk mengoptimalkan peran dan tugas Satgas Covid-19 di Sekolah dalam menerapkan dan edukasi protokol kesehatan.

Baca Juga: Songsong PTM 100 Persen, Vaksinasi Anak 6 hingga 11 Tahun di Kota Bandung Capai 43 Persen

"Sekolah harus menjamin bahwa Satgas di sekolah telah mendapatkan dukungan, memiliki SOP, dan personilnya mempunyai ketrampilan cukup dalam menerapkan Prokes secara ketat dan melakukan edukasi mengenai Prokes," ucapnya.

Kata dia, Dinas Pendidikan bersama Satgas pemerintah daerah perlu meningkatkan pembinaan dan melakukan pengawasan terhadap kinerja Satgas Covid-19 di sekolah.

Baca Juga: Disdik Kota Bandung Gandeng Dinkes Dorong Peningkatan Penerapan PTM 100 Persen Menjangkau Semua Sekolah

"Hal ini untuk menjamin bahwa sekolah merupakan tempat yang aman dan salah satu tempat pembiasaan prokses yang dapat disebarkan kepada keluarga siswa dan lingkungan sekitar," imbuhnya. ***(Okky Adiana)

 
 

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X