Ini Alasan Disdik Jabar Mundurkan Masuk Sekolah Pasca Libur Lebaran 2022

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah setelah libur hari Raya Idulfitri 2022

Ini Alasan Disdik Jabar Mundurkan Masuk Sekolah Pasca Libur Lebaran 2022
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi
 
INILAHKORAN, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah setelah libur hari Raya Idulfitri 2022. Dalam surat edaran yang diterbitkan Disdik Jabar itu, peserta didik di Jawa Barat akan kembali masuk sekolah pada Kamis 12 Mei 2022. 
 
Diketahui, bilamana merujuk pada kalender pendidikan Jawa Barat sebelumnya, siswa SMA, SMK dan SLB akan kembali masuk sekolah pada Rabu 11 Mei 2022. Bahkan ada di level SD, SMP akan kembali masuk sekolah pada hari Senin tanggal 9 Mei 2022, bersamaan dengan masuknya hari kerja setelah pasca cuti bersama Idulfitri.
 
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan diundurnya jadwal masuk sekolah di Jawa Barat setelah Idulfitri ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo. Di mana sebelumnya Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk menghindari arus mudik. 
 
 
"Dalam rangka menindaklajuti arahan dari Bapak Presiden maka Disdik Jawa Barat telah menyebarkan edaran kepada kabupaten/kota. Sehingga kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022," ujar Dedi Supandi, Rabu (4/5/2022).
 
Dedi mengajak, kepada siswa maupun tenaga kependidikan di Jawa Barat agar turut menghindari arus mudik seperti yang diimbau oleh Presiden Joko Widodo. Dia juga mendoakan agar siswa maupun tenaga kependidikan yang menjalani aktivitas mudik agar selamat sampai tujuan.
 
"Karena diprediksi akan banyak sekali kendaraan yang akan masuk ke Jabar khususnya di tanggal 6,7,8 Mei. Karena itu Disdik Jabar mengeluarkan edaran agar kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022 ini," katanya.
 
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idulfitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Pemerintah sendiri memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.
 
"Setelah kita merayakan hari raya Idulfitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja, maupun beraktivitas lainnya. Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangannya di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Selasa, 3 Mei 2022.  
 
"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu dan Saudara-Saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," imbuhnya. (Riantonurdiansyah)***


Editor : inilahkoran