• Senin, 23 Mei 2022

Ervin Yanuardi: Melayani Bukan Dilayani

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 23:00 WIB
Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Pemerintah Provinsi Jawa Barat Ervin Yanuardi (Rianto Nurdiansyah)
Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Pemerintah Provinsi Jawa Barat Ervin Yanuardi (Rianto Nurdiansyah)
 
INILAHKORAN, Bandung-Menjadi seorang gubernur harus siap bilamana dihadapkan dengan deretan agenda yang padat. Termasuk tatkala menerima kunjungan tamu kenegaraan baik di awal maupun akhir pekan.
 
Menengok regiat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun tak jauh beda. Misalnya, pada Sabtu (14/5/2022), orang nomor satu di Jabar itu mendapatkan kunjungan dari Gubernur Aceh dan Courtesy Call Ambassador Italy di Gedung Pakuan. 
 
Bicara soal seabreg kegiatan Ridwan Kamil itu, maka ada sosok yang juga memiliki peran dibalik layar. Di mana dia bertugas mempersiapkan berbagai kegiatan Ridwan Kamil, khususnya yang digelar di Gedung Pakuan agar dapat terselenggara dengan sukses. 
 
 
Adalah Ervin Yanuardi Efendi sosok itu. Sejak dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Gubernur pada 19 Februari 2022 lalu, Ervin selalu tampak benar-benar sibuk menyiapkan kegiatan agar sesuai dengan yang diharapkan.
 
Ervin menilai jabatan sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Gubernur sebagai amanah besar, karena itu mesti ditekuni secara sungguh-sungguh. Karena alasan itu pula dia tidak pernah memikirkan mengenai hari libur, karena acap kali harus mendampingi kegiatan Gubernur pada akhir pekan.
 
"Seperti hari ini, Sabtu seharusnya kan libur. Tapi karena ada agenda kegiatan Bapak (Ridwan Kamil) jadi saya harus mempersiapkannya. Amanah ini harus dijalankan dengan sebaik-baiknya," ujar Ervin, di Gedung Pakuan, Sabtu (14/5/2022). 
 
 
Meskipun harus menjalani tugas di hari libur, menurut Ervin hal itu bukan menjadi persoalan besar. Di masa bertugas, tak jarang Ervin anggap sebagai liburan. 
 
Misalnya, lanjut Ervin, saat harus  ke luar kota mengikuti agenda Gubernur. Atau saat mendampingi orang nomor satu di Jabar itu touring menggunakan motor. 
 
"Nah, kebetulan hobi Bapak juga sama. Saya juga senang momotoran. Jadi kalau kalau ada acara momotoran saya anggap itu sebagai momen liburan," katanya.
 
 
Bagi Ervin banyak pelajaran yang bisa diambil dari sosok Ridwan Kamil. Dari mulai belajar menjadi individu yang tidak adigung hingga soal tips dan trik mengelola media sosial. 
 
"Kadang-kadang, jika Bapak makan di luar. Misalnya di tempat makan, beliau paling gak mau kalau terlalu diberikan pelayanan yang ekstra oleh kami. Seperti saat kita siapkan minum atau nasi. Beliau itu justru tidak suka.  Dari situ juga saya belajar, bahwa yang terbaik itu melayani bukan dilayani," paparnya. (Riantonurdiansyah)*** 
 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekda Jabar Ajak Waspadai Masalah Kesehatan

Senin, 23 Mei 2022 | 19:10 WIB
X