Kunjungi Rongga KBB, Wagub Jabar Minta Swasta Ikut Dukung Penanganan PMK

Wakil gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Uum meminta pihak swasta ikut bantu pemerintah tangani wabah PMK pada hewan ternak

Kunjungi Rongga KBB, Wagub Jabar Minta Swasta Ikut Dukung Penanganan PMK
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta pihak swasta ikut membantu menangani wabah PMK pada hwwan ternak.

INILAHKORAN, Ngamprah - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengklaim pihaknya telah melakukan berbagai cara untuk memutus wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kendati demikian, hal tersebut pun tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, namun perlu juga didukung oleh pihak swasta seperti peternak dan pengusaha hewan ternak harus ikut membantu menangani masalah PMK tersebut.

"Para pengusaha dan peternak hewan ikut bertanggung jawab terhadap penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Desa Cibitung, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Senin 16 Mei 2022.

Baca Juga: Ada Wabah PMK Jelang Iduladha, Pemprov Jabar Awasi Lalu Lintas Peredaran Hewan Ternak

Ia menyebut, bentuk tanggung jawab tersebut antara lain ikut memastikan hewan ternak sehat dan menyetop pengiriman dari daerah pusat wabah PMK berada.

"Saya minta pengertian pada pengusaha ternak jelang Idul Adha, tolong kerjasama dan saling pegang tanggung jawab. Jangan sampai hewan sakit dikirim ke Jabar. Harus hewan ternak yang betul-betul sehat. Ini tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah," bebernya.

Ia menyebut, di Jawa Barat tercatat sudah ada tiga daerah yang melaporkan adanya kasus PMK pada hewan ternak.

Baca Juga: Ngeri, Dispernakan KBB Ungkap Gejala Klinis Pada Kerbau saat Terinfeksi PMK

"Tiga daerah itu yakni Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Banjar," sebutnya. *** (agus satia negara).

 


Editor : inilahkoran