• Sabtu, 2 Juli 2022

IDI Jabar Ingatkan Prokes, Pelonggaran Penggunaan Masker Jangan Anggap Covid-19 Hilang

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:38 WIB
Ketua IDI Jabar Eka Mulyana mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi Prokes meskipun ada kebijakan pelonggaran penggnaan masker. (Net)
Ketua IDI Jabar Eka Mulyana mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi Prokes meskipun ada kebijakan pelonggaran penggnaan masker. (Net)

 

INILAHKORAN, Bandun g- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat (Jabar) mengajak masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) kendati Presiden RI Joko Widodo mengizinkan lepas masker saat beraktivitas.

Menurut IDI Jabar Prokes harus tetap dijaga, meskipun telah ada pernyataan dari Presiden Jokowi yang mengizinkan lepas masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Ketua IDI Jabar Eka Mulyana mengatakan, berkaca kepada negara lain meskipun kasus Covid-19 cenderung landai namun bukan berarti sudah bebas 100 persen.

Baca Juga: Ini Pesan Sekda Jabar dalam Reformasi Birokrasi

"Tetap harus waspada penularan. Karena, bukan berarti ini sudah bebas 100 persen. Kami tidak ingin seperti negara lain, misalnya Tiongkok yang sudah bebas masker, tapi Sanghai sempat lockdown lagi," ujar Eka, Kamis  18 Mei 2022.

Menurut Eka, pernyataan Presiden Jokowi yang telah mengizinkan membuka masker merupakan langkah transisi menuju endemik. Namun, saat ini masyarakat dikatakannya harus tetap menjaga prokes.

"Ini diputuskan masa transisi (endemi). Kami melihat ini kondisi perbaikan. Kami yakin apa yang disampaikan Pak Presiden berdasarkan pertimbangan sangat matang dari ahlinya," kata dia.

Baca Juga: Kabar Baik, Kini Pengunjung Kebun Binatang Bandung Diperbolehkan Melepas Masker

Dia melanjutkan, Covid-19 mudah menular melalui kerumunan. Sehingga, Eka meminta, masyarakat tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan ketika beraktivitas dan berkerumun di luar rumah.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X