Jabar Saber Hoaks Catat 290 Aduan Isu Hingga Mei 2022

- Minggu, 22 Mei 2022 | 13:51 WIB
Kordinator divisi Pelayanan Aduan dan Pemeriksa Fakta JSH, R. Tommy Sutami (Rianto Nurdiansyah)
Kordinator divisi Pelayanan Aduan dan Pemeriksa Fakta JSH, R. Tommy Sutami (Rianto Nurdiansyah)

INILAHKORAN, Bandung- Jabar Saber Hoaks (JSH) sebagai satuan unit kerja di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mencatat ada 290 aduan isu hoaks periode Januari hingga Mei 2022 ini.

Sebanyak 290 aduan tersebut berasal dari laporan masyarakat melalui nomor hotline dan media sosial JSH baik Instagram maupun Facebook.

Kordinator divisi Pelayanan Aduan dan Pemeriksa Fakta JSH, R. Tommy Sutami mengatakan dari 290 aduan itu, pihaknya telah melakukan verifikasi sebanyak 98,6 persen.

Baca Juga: Waspada Informasi Soal Corona, JSH Klarifikasi 54 Hoaks

"Sementara yang masih dalam proses verifikasi ada 1,8 persen dari seluruhnya itu hingga hari ini ada 290 aduan yang masuk ke kami," ujar Tommy, Minggu (22/5/2022).

Setelah melakukan verifikasi, Tommy menyampaikan, terdapat 186 informasi yang dinyatakan hoaks. Sementara, sebanyak 84 aduan dinyatakan informasi yang benar.

Sedangkan, ada 16 aduan informasi yang ditolak lantaran tidak sesuai dengan prosedur pelaporan.

"Jadi sop kita dasar penolakan itu adalah ada beberapa alasan, pertama aduan tidak jelas atau hanya kirim gambar dan video tanpa ada pertanyaan apapun, lalu aduan adalah opini, ketiga isu sensitif dan sara," paparnya.

Baca Juga: Legislator Jabar Sebut Empat Pilar Jaga Keutuhan NKRI

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X