• Selasa, 5 Juli 2022

Ubah Paradigma Panti Sosial, Dinsos Jawa Barat Lakukan Transformasi Lewat Berbagai Inovasi Program

- Kamis, 26 Mei 2022 | 11:27 WIB
Kepala Dinsos Jawa Barat Dodo Suhendar (Istimewa)
Kepala Dinsos Jawa Barat Dodo Suhendar (Istimewa)

INILAHKORAN, Ngamprah - Paradigma panti yang identik dengan tempat sosial menjadi alasan Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Barat untuk melakukan transformasi eksistensi panti sosial melalui berbagai inovasi program.

Pasalnya, dengan adanya transformasi eksistensi panti sosial tersebut diharapkan Dinsos Jawa Barat mampu menjadi sarana peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinsis Jawa Barat Dodo Suhendar mengatakan, pihaknya tengah gencar mengubah paradigma panti melalui inovasi dan transformasi.

Baca Juga: Begini Penjelasan Dinsos Kota Bandung Soal Masih Adanya Nol Saldo Penerima BNPT

"Sudah banyak penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan kalangan difabel yang dibina oleh Dinsos di Pusyansos agar produktif," katanya di Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ia menuturkan, tahun lalu pihaknya mengadakan bazar UKM disabilitas se-Jabar dan tahun ini melalui mitra-mitra binaan di Pusyansos diharapkan bisa berkembang lagi.

"Dengan begitu paradigma panti, lambat laun bisa berubah," tuturnya.

Baca Juga: Sebanyak 106 Anak Panti Sosial Jawa Barat Menerima Sertifikat Kompetensi Bartender

Ia menyebut, berbagai kegiatan seperti membuka usaha barber shop, membatik, melukis, menjadi desainer edukasi, dan alih profesi lainnya, merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X