• Selasa, 5 Juli 2022

Disdik Jawa Barat Imbau Yayasan Swasta Akomodir Masyarakat Tidak Mampu Saat PPDB

- Minggu, 29 Mei 2022 | 10:10 WIB
Kadisdik Jawa Barat Dedi Supandi mengimbau agar yayasan swasta mengakomodir masyarakat tidak mampu dalam PPDB. (Rianto Nurdiansyah)
Kadisdik Jawa Barat Dedi Supandi mengimbau agar yayasan swasta mengakomodir masyarakat tidak mampu dalam PPDB. (Rianto Nurdiansyah)


INILAHKORAN, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengimbau yayasan sekolah swasta dapat mengakomodir masyarakat tidak mampu. Diharapkan, masyarakat kurang mampu di Jawa Barat bisa melanjutkan pendidikan baik itu di sekolah negeri maupun swasta tanpa dibebani oleh biaya.

Diketahui, ada yang berbeda pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Di mana pada tahun ini sejumlah provinsi melibatkan sekolah swasta, termasuk di Jawa Barat.

Dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, di Pasal 16 dijelaskan pemda dapat melibatkan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat. Sedangkan untuk ketentuan pelaksanaan bagi sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat ditetapkan oleh pemda sesuai dengan kewenangan.

Baca Juga: Ini Dokumen Persyaratan PPDB Bagi Keluarga Tidak Mampu yang Harus Disiapkan

"Mengimbau yayasan swasta dapat memusyawarahkan untuk mengakomodir masyarakat yang kurang mampu," ujar Dedi Supandi, Minggu 29 Mei 2022.

Dedi menyampaikan, sejauh ini orang tua dari calon siswa yang dari keluarga kurang mampu cenderung tidak ingin memasukan anaknya ke sekolah swasta. Biaya pendidikan menjadi alasannya.

Kondisi ini yang menjadi fokus pihaknya agar akses pendidikan dapat digapai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

"Syukur-syukur kalau masyarakat yang kurang atau tidak mampu dapat sekolah gratis di swasta," katanya.

Baca Juga: Segera Siapkan Bund! Ini Dokumen Persyaratan PPDB Tahun 2022 di Jawa Barat

Dedi tidak berharap ada siswa yang putus sekolah di tengah jalan sebelum menuntaskan pendidikan lantaran terkendala oleh biaya. Situasi itu pula, menurut dia, yang menjadi ketakutan sebagian orang tua bilamana memasukan anaknya di sekolah swasta.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X