• Minggu, 26 Juni 2022

Pertajam Raperda P3, DPRD Jawa Barat Studi Komparasi ke Jawa Tengah

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:46 WIB
Pansus Raperda Perlindungan Perempuan DPRD Jawa Barat mengunjungi Jawa Tengah.
Pansus Raperda Perlindungan Perempuan DPRD Jawa Barat mengunjungi Jawa Tengah.

INILAHKORAN, BandungDPRD Jawa Barat mematangkan Raperda Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan. Mereka mencari masukan hingga ke Jawa Tengah.

Panitia Khusus (Pansus) V DPRD Jawa Barat mengunjungi Provinsi Jawa Tengah dalam rangka studi komparasi, guna mematangkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan (P3).

Wakil Ketua Pansus V Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mengatakan, secara substansi raperda yang tengah digodok saat ini tidak jauh berbeda dengan Peraturan Daerah (Perda) sebelumnya.

Bila judul sebelumnya Perda Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan, kini diubah menjadi Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan.

Baca Juga: Pansus VI DPRD Jabar Nilai DLH Sumsel Layak Ditiru

Dia melanjutkan, dari hasil kunjungan di Jateng, didapati bahwa isi dalam Perda mereka hampir sama dengan yang sudah diberlakukan di Jabar.

Namun dalam Raperda yang kini tengah disiapkan, ada beberapa penambahan seperti pengarusutamaan gender, dimana perempuan mendapatkan hak setara dengan laki-laki. Utamanya dalam konteks sosial ekonomi, rentannya perempuan mengalami kekerasan.

"Perda di Jateng dan Raperda yang sedang kita bahas di dalamnya, mengakomodir perlindungan terhadap perempuan. Ada penyelenggaraan di Rumah Rentan, lalu di Jabar ada program Sekoper Cinta, di Jateng dengan nama yang berbeda tetapi isinya sama," ujarnya usai mengunjungi Kantor DP3AKB Provinsi Jawa Tengah, baru-baru ini.

Baca Juga: DPRD Kabupaten Bandung Merasa Miris dan Malu BPR Kerta Raharja Bisa Dibobol Maling

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pansus VI DPRD Jabar Nilai DLH Sumsel Layak Ditiru

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:40 WIB
X