Terkait Kasus Holywings di Bandung dan Bogor, Ini Wejangan Ridwan Kamil untuk Yana Mulyana dan Bima Arya

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya menindak tegas perizinan Holywings.

Terkait Kasus Holywings di Bandung dan Bogor, Ini Wejangan Ridwan Kamil untuk Yana Mulyana dan Bima Arya
Terkait kasus Holywings di Bandung dan Bogor, Ridwan Kamil meminta Yana Mulyana dan Bima Arya menindak tegas.

INILAHKORAN, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya menindak tegas perizinan Holywings.

"Holywings kalau Jakarta ada di gubernur kalau di luar jakarta kewenangan izin hiburan hotel restoran ada di bupati dan wali kota, jadi saya harapkan di Bandung dan Bogor untuk ambil tindakan tegas," ujar Ridwan Kamil di Gedung Merdeka Bandung, Selasa 28 Juni 2022.

Kendati demikian, Ridwan Kamil meminta dilakukan terlebih dulu pengecekan terhadap dugaan pelanggaran. Khususnya terkait izin Holywings di Bandung dan Bogor, apakah sudah sesuai atau justru belum sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dari pemerintah setempat.

Baca Juga: Soal Kasus Holywings, Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Bima Arya dan Yana Mulyana

"Jika secara aspek hukum dan kepatutan ada pelanggaran. Imbauan saya pada Bima Arya dan Pak Yana, tindak tegas," katanya.

Adapun pemerintah Kota Bandung sendiri per hari ini berencana memanggil manajemen Holywings. Di mana terdapat dua kafe Holywings di Bandung dan keduanya kini tengah jadi sorotan atas kasus penistaan.

"Hari ini dilakukan pemanggilan oleh Pemkot dan aparat sekali saja. Jadi nanti (diperiksa) mengenai izin dan soal SARA-nya," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Selasa 28 Juni 2022.

Baca Juga: Buat Heboh, Pemkot Bandung Panggil Pengelola Holywings

Meski begitu, terkait penutupan Holywings itu Yana belum bisa memastikannya. Meski ada desakan dari banyak pihak tapi penutupan harus sesuai dengan aturan.

Ketika ada izin atau hal yang dilanggar oleh kafe tersebut memungkinkan ada penutupan. Namun, ketika manajemen sudah melaksanakan semua aturan dengan benar maka penutupan tidak bisa dilakukan semena-mena.

Baca Juga: Daftar 12 Outlet Holywings yang Dicabut Izin Usahanya oleh Pemprov DKI Jakarta

"Tergantung evaluasi hari ini (penutupan Holywings). Karena kan tadi harus dibedakan antara izin sama SARA. Kalau SARA-nya mungkin pidana, tapi kalau izin mungkin enggak juga yah. Kita lihatlah hasil pemanggilan hari ini," papar Yana.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengambil langkah tegas dengan menutup seluruh kafe Holywings di Jakarta karena bermasalah dalam hal perizinan. Adapun di Jawa Barat, kafe Holywings di antaranya berada di Kota Bandung dan di Kota Bogor. (Rianto Nurdiansyah)


Editor : inilahkoran