DKPP Jabar Imbau Masyarakat Lebih Selektif Membeli Hewan Kurban

DKPP Jabar mengimbau agar masyarakat membeli hewan kurban di outlet yang sudah ada izin dari pemerintah agar terhindar dari PMK

DKPP Jabar Imbau Masyarakat Lebih Selektif Membeli Hewan Kurban
DKPP Jabar meminta agar masyarakat hati-hati dalam memilih dan membeli hewan kurban.

INILAHKORAN, Bandung - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar mengimbau masyarakat agar lebih selektif dalam membeli hewan kurban untuk Iduladha 1443 Hijriah pada Minggu 10 Juli 2022.

DKPP Jabar pun meminta masyarakat diminta membeli hewan kurban pada outlet yang sudah resmi dan mendapatkan izin dari pemerintah kabupaten dan kota di Jabar.

Kepala DKPP Jabar, Muhammad Arifin mengatakan, imbauan ini agar masyarakat terhindar dari pembelian hewan yang terdampak PMK.

Baca Juga: DKPP Kota Bandung Terjunkan Ratusan Pengawas PMK Awasi Penjual Hewan Kurban

"Masyarakat jangan asal beli dan sekarang outlet sudah banyak tinggal lebih selektif saja dengan pencarian surat keterangan hewan," ujar Muhammad Arifin, Rabu 6 Juli 2022 .

Arifin memastikan, DKPP Jabar saat ini telah menerjunkan langsung Satgas Penanganan PMK di kabupaten dan kota. Hal itu tak lain untuk memeriksa seluruh kesehatan hewan ternak dan kurban untuk Iduladha.

Pemberian tanda kepada hewan yang dinyatakan layak pun telah dilakukan.

Baca Juga: Was-was PMK, Penjual Hewan Kurban di KBB Keluhkan Sepi Pengunjung

"Layak atau tidaknya hewan juga dilihat dari tanda pengenal, tidak hanya tanda di kuping, itu bisa setiker, kalung dan lainnya," ungkap Arifin.

Dengan sudah diberikan pengawasan yang maksimal, kata dia, masyarakat jangan takut saat membeli hewan kurban. Jika merasa masih takut, masyarakat bisa melakukan pengecekan kesehatan hewan pada penjual.

"Kalau kawatir (PMK) tanyakan surat keterangan hewannya. Kesehatan hewan juga bisa terindikasi seperti hewan pincang dana kalau pincang jangan," ucapnya.

Baca Juga: Tangani PMK Jelang Idul Adha, Ngatiyana Instruksikan Dispangtan Jeli Periksa Hewan Kurban

Dengan demikian, Arifin menyarankan pada masyarakat yang hendak membeli hewan kurban ada baiknya langsung membeli di outlet yang terpercaya. Pembelian dari outlet diyakininya lebih tepat dan layak untuk dikurbankan secara syariat islam.

"Pada masyarakat kalau ingin beli hewan kurban datang ke outlet yang sudah diberikan izin kabupaten dan kota kemudian dilihat tingkat keamanan hewan," kata dia. (Riantonurdiansyah)


Editor : inilahkoran