Jalan Lingkar Padalarang Belum Digarap, PT Belaputera Intiland Akui Terkendala Pembebasan Lahan 

Pembangunan Jalan Lingkar Padalarang hingga kini belum bisa terealisasi. PT Belaputera Intiland sebagai pengembang Kota Baru Parahyangan mengaku terkendala pembebasan lahan.

Jalan Lingkar Padalarang Belum Digarap, PT Belaputera Intiland Akui Terkendala Pembebasan Lahan 
Dana pembangunan fisik pembangunan Jalan Lingkar Padalarang ini berasal dari dana CSR PT Belaputera Intiland yakni sebesar Rp100 miliar. GM PT Belaputera Intiland Ryan Brasali mengatakan, pembangunan belum bisa dilakukan lantaran masih terkendala dengan pembebasan lahan. (agus satia negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Pembangunan Jalan Lingkar Padalarang hingga kini belum bisa terealisasi. PT Belaputera Intiland sebagai pengembang Kota Baru Parahyangan mengaku terkendala pembebasan lahan.

Dana pembangunan fisik pembangunan Jalan Lingkar Padalarang ini berasal dari dana CSR PT Belaputera Intiland yakni sebesar Rp100 miliar. GM PT Belaputera Intiland Ryan Brasali mengatakan, pembangunan belum bisa dilakukan lantaran masih terkendala dengan pembebasan lahan

"Untuk pembebasan lahan masih jadi kendala. Kami terus melakukan diskusi secara intensif bersama warga pemilik lahan yang terkena proyek pembangunan Jalan Lingkar Padalarang supaya semuanya sinkron," katanya, Rabu 24 Agustus 2022.

Baca Juga : Mengungkap Sisi Lain Tugas Damkar KBB, Tak Hanya Sebagai Penjinak Api Tapi Harus Bisa Lakukan Ini

Dia mengaku, kendati sudah tujuh bulan yang lalu prosesi peletakan batu pertama dilakukan namun proyek pembangunan Jalan Lingkar Padalarang sepanjang 7,4 kilometer itu belum dilakukan.

"Ya, itu, karena masih ada kendala di lapangan, maka belum ada aktivitas pembangunan di jalan lingkar tersebut," ujarnya.

Selain itu, Ryan menyebutkan kontur jalan yang dilewati pun relatif sulit lantaran masih berupa jalan berbatu dan perbukitan penuh semak-semak. Namun pemandangan di kawasan sekitarnya cukup indah untuk dinikmati.

Baca Juga : Ini Kisah Perjuangan Guru Saripudin Tegakkan Pendidikan di Pandeglang Banten

Dia menegaskan, sejak awal PT Belaputera Intiland mematok target pembangunan jalan iitu bisa rampung dalam dua tahun.

"Saat ini baru 60 persen lahan yang sudah dibebaskan. Sisanya, 40 persen masih dalam proses. Semoga bisa cepat terselesaikan," sebutnya.

Rencananya, Jalan Lingkar Padalarang itu akan melewati lima desa yaitu Citatah, Gunung Masigit, Cipatat, Bojonghaleuang, dan Cikande. Pihaknya berharap, kehadirannya dapat memangkas kemacetan di kawasan Ciburuy dan Padalarang.

Baca Juga : Bersiaplah, Dishub Kota Bandung Akan Uji Coba Dua Arah Flyover Jalan Jakarta-Supratman

Nantinya, kendaraan dari Bandung atau Cianjur akan diarahkan melewati kompleks Kota Baru Parahyangan dan tidak melalui kawasan Jalan Raya Tagog Padalarang seperti saat ini.

"Pastinya akan berdampak kepada mengurangi kemacetan. Hanya nanti apakah kendaraan besar atau kecil yang lewat Jalan Lingkar Padalarang? Itu masih dibahas," tandasnya.*** (agus satia negara)

Baca Juga : Diskominfo Ajak Warga Kota Bandung Tunjukan Kemampuan Lewat Lomba Inovasi SCBD, Pememang bisa Dapat Uang Jutaan.


Editor : donramdhani