Lagi, Tiga Penghargaan Diraih Pemkot Bandung

INILAH, Bandung - Tiga penghargaan sekaligus diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dari Pemerintah Provinsi (Pemporv) Jawa Barat. Untuk tiga penghargaan tersebut, Kota Bandung mendapat predikat t

Lagi, Tiga Penghargaan Diraih Pemkot Bandung
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

INILAH, Bandung - Tiga penghargaan sekaligus diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dari Pemerintah Provinsi (Pemporv) Jawa Barat. Untuk tiga penghargaan tersebut, Kota Bandung mendapat predikat terbaik.

Penghargaan yang diraih Pemkot Bandung adalah, Kinerja Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atas LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) tahun 2016, Terbaik Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan tahun 2018, dan Terbaik Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Award tahun 2018.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat. M. Ridwan Kamil di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung (13/11/2018). Penghargaan untuk Kota Bandung diterima oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana didampingi Kepala Bagian Kerja Sama, Dodit Ardian Pancapana dan Camat Batununggal, Enjang Mulyana.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Setda Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan menyebutkan, sebagai kota dengan Kinerja Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pemkot Bandung meraih nilai tertinggi, yaitu 3,4110 mengungguli Pemkot Sukabumi dengan nilai 3,3879 dan Pemkot Cimahi dengan nilai 3,3590.

Untuk lomba Sinergitas Kecamatan kategori kota, Pemkot Bandung diwakili Kecamatan Batununggal yang mendapat nilai tertinggi sebesar 335,23. Kecamatan Batununggal mengungguli Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, Harjamukti Kota Cirebon, Baros Kota Sukabumi, dan Bogor Tengah Kota Bogor.

Selain itu, Pemkot Bandung pun unggul dalam kerja sama pemerintah daerah maupun perangkat daerah dengan 1,590 poin. Kerja sama antardaerah, kerja sama dengan pihak ketiga, dan kerja sama luar negeri yang dijalin Pemkot Bandung, dinilai hampir keseluruhannya berjalan dengan baik, sehingga mengalahkan Pemkot Bogor dan Pemkot Sukabumi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil dalam sambutannya mengemukakan, pihaknya ingin nantinya berbagai penghargaan yang diberikan bukan sekadar piala atau piagam.Lebih dari itu, ingin juga ditambah dengan suntikan APBD untuk mengembangkan daerahnya masing-masing.

"Kalau piala kan hanya berhenti di pajangan atau selfie. Dengan suntikan APBD mudah-mudahan pencapaian yang diraih kabupaten dan kota akan berakumulasi dengan berbagai kebaikan lain," ungkapnya di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung (13/11/2018).

Lebih lanjut ia memaparkan, jika kinerja pemerintah daerah sudah bagus bisa saling belajar dengan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi). Ke depan pihaknya pun ingin memberikan reward dan punishment secara bersama-sama untuk semakin meningkatkan daya saing daerah.

"Mereka yang tidak mau berubah harus diberi peringatan supaya masyarakat pun tahu dan kemudian memberi masukan serta melakukan upaya untuk naik kelas.Prinsipnya yang bagus diapresiasi yang kurang harus diberi suntikan motivasi," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebutkan, raihan ketiga penghargaan merupakan buah dari kerja keras semua pihak. Kinerja ASN di lingkungan Pemkot Bandung sudah baik dan akan terus ditingkatkan ke depannya.

"Termasuk bagi Kecamatan Batununggal, mudah-mudahan apa yang didapatkan bisa ditularkan ke 29 kecamatan lain. Pada prinsipnya ini kan kerja bareng untuk saling menularkan kebaikan," tuturnya.
 


Editor : inilahkoran