Manfaatkan Cold Storage Bantuan dari PLN, Penghasilan Nelayan di Garut Meningkat Signifikan

Raut bahagia tampak di wajah Jois Harsa. Kepala Bumdes Motekar Desa Samudera Jaya Pameungpeuk yang menghimpun nelayan di Garut itu mengatakan, dengan adanya bantuan cold storage dari PLN para nelayan mendapatkan manfaat berlipat ganda.

Manfaatkan Cold Storage Bantuan dari PLN, Penghasilan Nelayan di Garut Meningkat Signifikan
Dengan pemanfaatan cold storage dari PLN, pendapatan nelayan di Garut meningkat 3 kali lipat dari sebelumnya. Selain itu, lantaran kualitas produk lebih bermutu dan terjaga kesegarannya maka pemasaran juga bisa lebih luas. (istimewa)

INILAHKORAN, Garut - Raut bahagia tampak di wajah Jois Harsa. Kepala Bumdes Motekar Desa Samudera Jaya Pameungpeuk yang menghimpun nelayan di Garut itu mengatakan, dengan adanya bantuan cold storage dari PLN para nelayan mendapatkan manfaat berlipat ganda.

“Perbandingan pendapatan setelah memanfaatkan cold storage dari PLN dan saat masih menggunakan teknik tradisional biasanya Rp100 ribu per hari sekarang bisa mencapai Rp300-600 ribu per hari. Tentu, nelayan di Garut senang," kata Jois, Selasa 29 November 2022.

Dia menyebutkan, dengan pemanfaatan cold storage dari PLN itu pendapatan nelayan di Garut meningkat 3 kali lipat dari sebelumnya. Selain itu, lantaran kualitas produk lebih bermutu dan terjaga kesegarannya maka pemasaran juga bisa lebih luas.

Baca Juga : 200 Kepala Desa di Majalengka Dapat Pencerahan Terkait Literasi Keuangan dari OJK KR 2 Jabar

Jois menjelaskan, permasalah nelayan di desanya dahulu yakni nelayan yang harus segera menjual hasil tangkapannya dan penampung lokal yang membeli hasil tangkapan nelayan skala kecil juga harus cepat-cepat menjual ikan yang ditampungnya karena semakin lama akan semakin banyak memakan biaya es. 

“Dengan fasilitas seadanya, ikan-ikan akan kurang tertangani dengan baik, kualitasnya akan mengalami kerusakan lebih cepat dan mempengaruhi harganya di pasaran saat didistribusikan. Hal ini akan semakin menekan harga di tingkat nelayan akibat harga konsumen yang juga rendah. Masalah ini terus menjadi lingkaran masalah pada nelayan tangkap secara umum,” ujar Jois.

Melihat kondisi tersebut, program bantuan PLN Peduli berupa pembangunan pabrik es balok menjadi sebuah solusi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan penggunaan es nelayan yang selama ini cukup tinggi. Program ini dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan es nelayan dalam memelihara sistem rantai dingin untuk ikan hasil tangkapannya.

Baca Juga : Digitalisasi UMKM, Indosat Business Andalkan Platform IDE untuk Naik Kelas

“Terima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan berupa cold storage yang sangat bermanfaat bagi kami. Bantuan ini akan dapat menunjang kegiatan usaha perikanan tangkap dan menumbuhkan kemadiriaan masyarakat serta menyediakan faktor-faktor produksi tanpa bergantung pada pihak lain sehingga dapat menurunkan biaya produksi perikanan tangkap dan meningkatkan pendapatan nelayan di Garut,” jelasnya.

Sementara itu, Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar Dindin Mulyadin menuturkan pihaknya mendukung penuh tercapainya tujuan pembangunan daerah dan nasional untuk Desa Pesisir. 

Hal itu sesuai dengan program Desa Pesisir Tangguh sekaligus meningkatkan konsumsi listrik masyarakat dengan mengembangkan usaha produktif kelautan yang menggunakan energi listrik (marine electricity).

Baca Juga : Eksplorasi Kawasan Gunung Padang, BCA Bakal Sulap 10 Desa Wisata Mitra jadi Destinasi Kelas Dunia 

“Semoga program bantuan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Perekonomian masyarakat pesisir khususnya nelayan akan semakin sejahtera, konsumsi listrik perkapita Jabar meningkat dan yang terutama memberikan konstribusi dalam Pembangunan Nasional terkait Pembangunan Desa Pesisir Tangguh,” ucap Dindin.

Fasilitas yang dibangun dalam bentuk pabrik es itu meliputi mesin pembuatan es balok dengan kapasitas 1 ton per hari dan cold storage untuk penyimpanan es balok dan ikan dengan kapasitas 2 ton.***

Baca Juga : Aliansi G20 EMPOWER Sukses Angkat Rekomendasi Terkait Pemberdayaan Perempuan di KTT G20


Editor : donramdhani