• Rabu, 22 September 2021

Megawati Apresiasi Kedisiplinan Calon Kepala Daerah di Sekolah Partai

- Rabu, 26 Agustus 2020 | 14:10 WIB
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (antara)
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (antara)

INILAH, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengapresiasi kedisplinan para calon kepala daerah di Sekolah Partai PDIP yang pelaksanaannya sejak Jumat (21/8) hingga Selasa (25/8) malam.

"Hal itu mengingat syarat jadi pemimpin itu, antara lain kerendahan hati, termasuk ikut dan aktif di dalam sekolah partai," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menutup pelaksanaan sekolah partai secara virtual, Selasa malam.

Sekolah partai bagi calon kepala daerah gelombang pertama menuju pilkada serentak itu, kata Hasto, sebanyak 129 calon kepala daerah dinyatakan lulus.

Hasto mengatakan bahwa pelaksanaan sekolah partai ini menjadi penguatan kelembagaan institusi politik dalam menyiapkan calon pemimpin untuk dipilih masyarakat.

Hal itu diikuti dengan sebuah kesadaran bahwa berpartai harus didasarkan pada disiplin, baik disiplin ideologi, organisasi, maupun manajemen. "Tujuannya agar dalam berpartai mampu mengorganisasi kekuatan rakyat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Menurut dia, pada tanggal 4 sampai 6 September mendatang, 129 kepala daerah yang menjadi peserta akan mendaftar ke KPUD.

"Di situlah mulai tahapan penting pengorbanan sebenarnya. Diperlukan energi dan endurance (daya tahan) untuk mampu melaksanakan tugas," kata Hasto.

Dengan sekolah partai, lanjut Hasto, terbangun solidaritas serta semangat belajar satu sama yang lain. Para peserta juga belajar tentang bagaimana strategi pemenangan pemilu hingga cara mengajak rakyat agar mau ke TPS.

"Sekolah partai ini baru proses awal karena medan perang sebetulnya ada di wilayah masing-masing," kata Hasto.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

X